MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA KELAS ICT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

Zahra Nur, Annisa (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA KELAS ICT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZAHRA NUR ANNISA_1717401096.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendokumentasikan praktik Manajemen sarana dan prasarana kelas ICT di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Manajemen sarana dan prasarana kelas ICT merupakan pendekatan inovatif dalam dunia pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, partisipatif, dan relevan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana sekolah ini merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan, dan mengevaluasi manajemen sarana dan prasarana kelas ICT, serta dampaknya terhadap pembelajaran siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, waka kesiswaan, waka sarpras, dan guru di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana manajemen sarana dan prasarana kelas ICT di implementasikan di sekolah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan manajemen sarana dan prasarana kelas ICT di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto melibatkan pemilihan guru yang mampu menggunakan ICT dengan baik, pengaturan fasilitas ICT, pemilihan bentuk kegiatan, dan pemilihan media pembelajaran yang berbasis ICT. Pengorganisasian melibatkan kepala sekolah yang ketat dalam seleksi guru yang mengajar di kelas ICT, pemberian wewenang kepada waka sarpras untuk melengkapi kelas ICT, dorongan kepada guru untuk mengintegrasikan mata pelajaran lain dengan penggunaan ICT, dan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT. Selanjutnya, pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana kelas ICT melibatkan rekrutmen guru, identifikasi kebutuhan sarana dan prasarana, pembuatan modul ajaran terintegrasi dengan mata pelajaran berbasis ICT, dan penggunaan berbagai aplikasi dan sumber daya internet. Evaluasi dilakukan melalui rapat guru bulanan, workshop pengembangan media pembelajaran, identifikasi sarana dan prasarana yang telah disediakan, serta evaluasi terus-menerus terhadap modul ajaran dengan melibatkan tutor yang lebih profesional. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang praktik manajemen sarana dan prasarana kelas ICT di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto dan dapat menjadi pedoman bagi sekolah lain yang ingin mengadopsi pendekatan inovatif dalam pendidikan. Dengan implementasi yang tepat, manajemen sarana dan prasarana kelas ICT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa di era digital. Kata kunci : Kelas ICT, Manajemen Sarana dan Prasarana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasana, Kelas ICT
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zahra Nur Annisa sdri
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:56
Last Modified: 07 Dec 2023 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22650

Actions (login required)

View Item View Item