IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAT PENDEK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS V MI MA’ARIF NU SINGASARI

siti, maratus (2023) IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAT PENDEK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS V MI MA’ARIF NU SINGASARI. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI MARATUS SOLIHAH_Implementasi Metode Tikrar dalam Menghafal Al-Qur'an Surat Pendek Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MI Ma'arif NU Singasari.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Subjek penelitian ini adalah guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V sebagai sumber informasi untuk memperoleh data tentang metode Tikrar yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an surat pendek, siswa kelas V dan Kepala Madrasah sebagai sumber informasi tentang kebijakan kurikulum dan gambaran umum di MI Ma’arif NU Singasari. Adapun metode pengumpulan data antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menganalisis data yang bersifat kualitatif yang disajikan dalam metode desktiptif analisis yaitu dengan cara menggambarkan keadaan yang ada di lokasi penelitian sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran proses mengahafal Al-Qur’an surat pendek dengan menggunakan metode tikrar. Adapun materi yang dipelajarai dengan metode tikrar ada 4 yaitu surat al-Humazah, surat al-Zalzalah, surat al-Bayyinah dan surat al-Adiyat. Menghafal dengan metode tikrar yaitu mengulang-ulang bacaan ayat kurang lebih 5-20 kali. Setelah peserta didik sudah hafal maka langsung menyetorkan hafalannya kepada guru sesuai dengan target. Faktor pendukung diantara lain sarana dan prasarana yang sudah memadai dan layak digunakan untuk proses belajar mengajar. Guru dan orang tua yang selalu memberikan motivasi dan dukungan sehigga peserta duduk semangat dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat dalam metode tikrar yaitu peserta didik yang kurang istiqomah dan konsisten dalam menghafal serta terdapat 4 anak yang masih belum lancar membaca bacaan ayat Al-Qur’an dan belum menguasai tajwid maupun makhorijul huruf dalam bacaan surat pendek. Sebelum menggunakan metode tikrar dari 30 peserta didik ada 4 anak yang masih belum memenuhi target hafalan, setelah menggunakan metode tikrar semuanya dapat mencapai nilai di atas KKM dan memenuhi target yang ditentukan. Kata Kunci: menghafal, metode, surat pendek, tikrar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menghafal, metode, surat pendek, tikrar
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI MARATUS SOLIHAH sdri
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:27
Last Modified: 18 Dec 2023 03:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22646

Actions (login required)

View Item View Item