PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MUFRODAT SISWA KELAS III MI AL HIDAYAH KARANGGINTUNG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Anwar, Hidayat (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MUFRODAT SISWA KELAS III MI AL HIDAYAH KARANGGINTUNG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANWAR HIDAYAT_PENGGUNAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENIGKATKAN PEMAHAMAN MUFRODAT SISWA KELAS III MI AL HIDAYAH KARANGGINTUNG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang di dalamnya mencakup proses mengajar, membimbing dan melatih peserta didik untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Seperti halnya dalam pembelajaran bahasa arab, di mana pembelajaran bahasa arab memiliki tujuan supaya peserta didik mampu memahami dan menguasai dasar-dasar ilmu bahasa arab. Dalam mempelajari bahasa arab, penguasaan mufrodat menjadi hal yang sangat penting, karena suatu bahasa itu terdiri dari beberapa kosa kata atau mufrodat. Dan untuk mempermudah dalam menguasai mufrodat perlu digunakan media pembelajaran, salah satu media yang tepat untuk diterapkan adalah media gambar. Media gambar akan memberikan arahan dan gambaran kepada peserta didik terkait pesan yang akan disampaikan oleh seorang pengajar yang berhubungan dengan materi pembelajaran sehingga tidak mudah terlupakan oleh peserta didik, seperti halnya materi tentang mufrodat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang dapat mendukung dan menghambat dalam penggunaan media gambar untuk meningkatkan pemahaman mufrodat siswa kelas III MI Al Hidayah Karanggintung Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan untuk penggunaan media gambar di MI Al Hidayah Karanggintung Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas ini sudah berjalan dengan baik, di mana peserta didik lebih mudah dalam menghafalkan mufrodat. Learning is an activity which includes the process of teaching, guiding and training students to achieve an educational goal. As is the case in learning Arabic, where learning Arabic has the aim of making students able to understand and master the basics of Arabic language knowledge. In learning Arabic, mastery of mufrodat is very important, because a language consists of several vocabularies or mufrodat. And to make it easier to master mufrodat, it is necessary to use learning media, one of the appropriate media to apply is image media. Image media will provide direction and illustration to students regarding the message that will be conveyed by a teacher related to the learning material so that it is not easily forgotten by students, such as material about mufrodat. The aim of this research is to describe and analyze factors that can support and hinder the use of image media to improve understanding of the mufrodat of class III students at MI Al Hidayah Karanggintung, Kemranjen District, Banyumas Regency. This research uses a qualitative approach, and the use of image media at MI Al Hidayah Karanggintung, Kemranjen District, Banyumas Regency has gone well, where it is easier for students to memorize mufrodat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media Gambar, Pembelajaran Mufrodat.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anwar hidayat
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:26
Last Modified: 06 Dec 2023 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22641

Actions (login required)

View Item View Item