PEMBENTUKAN JIWA KEPEMIMPINAN BAGI PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMA A. YANI KAWUNGANTEN CILACAP

Daivi, Okta Khonivia (2023) PEMBENTUKAN JIWA KEPEMIMPINAN BAGI PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMA A. YANI KAWUNGANTEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Daivi Okta Khonivia_Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Bagi Peserta Didik Melalui Kegiatan Kepramukaan Di SMA A. Yani Kawunganten Cilacap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembentukan jiwa kepemimpinan bagi setiap peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di SMA A. Yani Kawunganten Cilacap adalah suatu usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah, pembina pramuka, dan dewan ambalan berupa sejumlah kegiatan yang diarahkan untuk mengajak, membimbing, mengarahkan, membentuk dan membina peserta didik kelas X SMA A. Yani Kawunganten Cilacap kearah tumbuhnya jiwa kepemimpinan diwujudkan dalam bentuk keberanian, kedisiplinan dan kepemimpinan dalam melaksanakan serta mengikuti kegiatan yang diprogramkan melalui kegiatan kepramukaan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kegiatan pembentukan jiwa kepemimpinan bagi peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di SMA A. Yani Kawunganten Cilacap. Partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala SMA A. Yani Kawunganten Cilacap, pembina pramuka, ketua dewan ambalan, dan peserta didik kelas X. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis data model Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan baik untuk wawancara maupun observasi adalah catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembentukan jiwa kepemimpinan bagi peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di SMA A. Yani Kawunganten Cilacap menggunakan 5 tahapan kegiatan. Pertama, merencanakan program kegiatan kepramukaan. Kedua, mengorganisasi program kegiatan kepramukaan. Ketiga, melaksanakan program pembentukan jiwa kepemimpinan. Keempat, melakukan pengawasan kegiatan kepramukaan bernuansa pembentukan jiwa kepemimpinan. Kelima, mengevaluasi kegiatan kepramukaan dalam membentuk jiwa kepemimpinan. Program kegiatan kepramukaan di SMA A. Yani Kawunganten Cilacap telah menghasilkan peserta didik yang memiliki jiwa kepemimpinan berupa ketaatan mengikuti kegiatan kepramukaan, menataati peraturan sekolah, mengikuti kegiatan kepramukaan dengan baik, tertib dalam mengikuti upacara didasari iman dan takwa, berjiwa nasionalis dan memiliki jiwa bela bangsa, dan peduli lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembentukan, Jiwa Kepemimpinan, Kegiatan Kepramukaan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Daivi Okta Khonivia sdri
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:27
Last Modified: 06 Dec 2023 03:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22640

Actions (login required)

View Item View Item