ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HAPPY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS 8 SMP NEGERI 1 AJIBARANG BANYUMAS

ANA, RAHMAWATI (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HAPPY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS 8 SMP NEGERI 1 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANA RAHMAWATI_ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HAPPY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau sering disingkat dengan PAI BP kurang diminati oleh peserta didik. Hal ini terbukti dengan kurangnya respon semangat ketika pembelajaran PAI BP dimulai, pasif, kurangnya rasa responsif pada pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya tenaga pengajar yang kompeten, mengajar dengan pemaksaan serta kurangnya waktu pada Pembelajaran. Untuk itu dengan menggunakan metode yang menyenangkan atau Happy learning diperlukan dalam mengatasi permasalah tersebut. Data ini relasinya dengan judul “Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Happy Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibarang.” Memiliki fokus penelitian Penelitian “Bagaimana penerapan metode happy learning pada pembelajaran PAI BP di SMP Negeri 1 Ajibarang”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari penelitian lapangan dengan subjek siswa siswi kelas VIII, guru mata pelajaran PAI BP, Tata usaha di SMP Negeri 1 Ajibarang. Data pendukung berasal dari sumber lain yang relevan yakni buku dan internet. Metode pengumpulan yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yang menggunakan tiga tahapan analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang digunakan untuk mendapatkan data yang valid. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa metode pada mata pelajaran PAI BP di kelas 8 SMP Negeri 1 Ajibarang, Bagaimana penerapan Dari hasil analisis data penelitian pada pembelajaran pendidikan agama Islam yang menggunakan metode happy learning bahwa: 1) metode happy learning diterapkan sesuai dengan materi, jadi tidak semua materi pembelajaran hanya menggunakan metode tersebut, menyesuaikan keadaan siswa. Dalam penerapannya metode ini termasuk metode favorit bagi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran PAI BP Moving Class, Outdoor Class, mind mapping, TOT (Training Of Trainer), Game atau permainan pembelajaran, super memory rumus dan disela kan ice breaking menjadikann suasana kelas yang aktif dan membawa kesenangan serta kenyamanan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Happy Learning, Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 370 Education
700 The arts > 704 Special topics
700 The arts > 707 Education, research, related topics
800 Literature and rhetoric > 801 Philosophy and theory
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ANA RAHMAWATI sdri
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:22
Last Modified: 06 Dec 2023 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22636

Actions (login required)

View Item View Item