PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANJARNEGARA

Irfan, Jaelani (2023) PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRFAN OKE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh kantor kementerian agama Banjarnegara untuk mempermudah proses pelaksanaan dari pengajuan permohonan sampai proses penerbitan dokumen yang terdapat dalam bagian penyelenggara haji dan umroh kantor kementerian agama Banjarnegara. Bagian PHU bertugas memberikan pelayanan haji terhadap calon jemaah ibadah haji harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Pokok permasalahan yang diangkat dari skripsi adalah bagaimana proses pelayanan calon jemaah ibadah haji yang dilaksanakan pada kantor kementerian agama Banjarnegara. Tujuan penelitian untuk menggambarkan bagaiamana proses pelayanan calon jemaah haji pada kantor kementerian agama Banjarnegara. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu jenis penelitian lapangan yang lokasinya berada pada kantor kementerian agama Banjarnegara. Data penelitian berasal dari hasil observasi, hasil dokumen diwawancarai dan dicatat, selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif. Berikut temuan penelitian skripsi: mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Zeithaml, Parasuraman dan Berry tentang dimensi pokok kualitas pelayanan. Pelayanan calon jamaah haji pada Kantor Kementerian Agama Banjarnegara belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik. Dimensi pokok kualitas pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara seperti keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), kepedulian (emphaty), dan bukti langsung (tangibles) sudah dilaksanakan. Akan tetapi, dari daya tanggap (responsiveness) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara belum dilaksanakan secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan masih kurangnya pengedukasian dan patnership dari petugas PHU, banyak calon jamaah haji yang masih belum paham atau mengerti setiap program yang ada di Kementerian Agama Banjarnegara. Kata kunci: Pelayanan, Calon Jamaah Haji, Kementerian Agama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Calon Jamaah Haji, Kementerian Agama
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.15 Haji dan Umrah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Irfan jaelani sdr
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:11
Last Modified: 04 Dec 2023 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22629

Actions (login required)

View Item View Item