Penerapan Strategi On Board Picture Stories Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V MI Darwata Padangsari Majenang Cilacap

Ikhda, Nani Nasikhatun (2023) Penerapan Strategi On Board Picture Stories Dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V MI Darwata Padangsari Majenang Cilacap. Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ikhda Nani_1917405109.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar sejarah kebudayaan islam itu biasanya karena dalam belajar sejarah mereka dituntut untuk menghafal tokoh, tahun dan peristiwa dalam sejarah tersebut dan tidak semua anak mau membaca keseluruhan materi dalam sejarah kebudayaan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan strategi on board picture stories dalam Pelajaran Sejarah kebudayaan islam di kelas V MI Darwata Padangsari Majenang Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan strategi on board picture stories pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas V MI Darwata Padangsari Majenang yang berjumlah 25 siswa. Dengan tahapan data yang akan dianalisi yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi On Board Picture Stories merupakan strategi pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam hal menginterpretasikan sebuah gambar yang banyak untuk disusun dalam sebuah gambar yang banyak untuk disusun dalam sebuah urutan yang logis dan bisa terbentuk suatu rangkaian cerita yang utuh. Umumnya dalam pembelajran Sejarah kebudayaan islam pada tingkat MI itu mengggunakan metode cermah yang mana anak-anak pada masa tingkat dasar ini mudah bosan dalam belajar apalagi jika untuk mempelajari Sejarah yang mana akibat bosan dalam mendengarkan guru berbicara di depan kebanyakan siswa rebut sendiri dan tidak mendengarkan, maka dari itu peneliti melakukan penelitian tentang metode atau strategi pembelajaran yang jarang dilakukan dan berharap agar anak-anak saat mengikuti pembelajaran dapat lebih fokus dan dapat memahami apa yang disampaikan guru. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode strategi on board picture stories atau cerita bergambar di papan tulis yang mana metode ini mengharuskan siswa ikut aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Strategi On Board Picture Stories, SKI, Kelas V, MI Darwata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi On Board Picture Stories, SKI, Kelas V, MI Darwata
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikhda Nani Nasikhatun sdri
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:52
Last Modified: 27 Nov 2023 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22621

Actions (login required)

View Item View Item