PERAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM SUPORTER SEPAK BOLA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2022 DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Narwiyah, Narwiyah (2023) PERAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM SUPORTER SEPAK BOLA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2022 DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NARWIYAH_PERAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM SUPORTER SEPAK BOLA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2022 DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suporter sepak bola berperan aktif memberikan semangat, motivasi, dan dukungan baik di dalam maupun di luar pertandingan olahraga sebagaimana diatur dalam Pasal 55 ayat (1) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Sebagai Warga Negara Indonesia, setiap orang memiliki hak yang sama dalam memperoleh perlindungan dari negara, tidak terkecuali para suporter. Dimana sebagai negara yang memfasilitasi ajang-ajang pertandingan sepak bola dengan membentuk PSSI sebagai organisasi yang menaungi segala hal yang menyangkut olahraga sepak bola tidak terkecuali penyelenggaraan kejuaraan sepak bola di Indonesia. Penelitian ini akan menganalisis peran dan perlindungan hukum suporter sepak bola berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 dalam perspektif hukum Islam. Penelitian yang dilakukan oleh penulis termasuk dalam jenis penelitian kualitatif termasuk penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari bahan pustaka/ data sekunder, sumber data yang digunakan bukan dalam bentuk data angka melainkan sumber-sumber hukum yang disebut sebagai bahan hukum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka. Adapun bahan hukum primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini antara lain berasal dari buku-buku koleksi pribadi maupun pinjaman dari perpustakaan, makalah, jurnal serta artikel baik yang diambil dari media cetak maupun media elektronik. Penelitian ini menunjukkan bahwa suporter sepak bola berperan memberikan semangat, motivasi, dan dukungan baik di dalam maupun di luar pertandingan olahraga. Selain perannya yang penting, suporter sepak bola mempunyai hak yang harus dipenuhi, hak-hak tersebut di dalam mencapai kepentingannya, diatur dalam Pasal 55 ayat (5) UU No 11/ 2022 tentang Keolahragaan. Perlindungan hukum suporter sepak bola bahwa suporter memiliki hak-hak untuk dilindungi, yang berupa hak mendapatkan perlindungan hukum, baik di dalam maupun di luar pertandingan olahraga; Pemenuhan hak dalam Islam sebagaimana diatur dalam Al-Quran Al-Maidah ayat 8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum Suporter Sepak Bola
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: NARWIYAH NARWIYAH sdri
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:31
Last Modified: 08 Dec 2023 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22608

Actions (login required)

View Item View Item