PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA PERAJIN KESET DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Kasus di Desa Pucung Kidul, Kec. Kroya, Kab. Cilacap)

Nailatul, Khoeriyah (2023) PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA PERAJIN KESET DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Kasus di Desa Pucung Kidul, Kec. Kroya, Kab. Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NAILATUL KHOERIYAH_1917302048.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hak nafkah dari suami yang belum mencukupi kebutuhan rumah tangga membuat istri turut serta bekerja dalam peran publik, hal ini menyebabkan istri mengalami peran ganda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana praktik peran ganda dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga perajin keset di Desa Pucung Kidul dan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh Ibu rumah tangga yang berperan ganda dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga perspektif Hukum Keluarga Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) di mana peneliti turun langsung ke lapangan agar mendapatkan gambaran komprehensif tentang situasi, kondisi dan permasalahan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan perajin keset Desa Pucung Kidul. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, skripsi, serta literatur dalam internet yang berkaitan dengan tema peran ganda dan keharmonisan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode analisis data normatif sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan Praktiik peiran ganda yang dii Deisa Pucung Kiidul bahwa isi trii beirpartiisiipasii dalam peri an domesi tiki dan publiik seimeni tara suamii darii peirajiin keiseit tiidak beri artiisiipasii dalam peri an domesi tiik, hanya dalam peri an publiik saja. Hal teirsebi ut menunjukkan bahwa rumah tangganya belum sepenuhnya terlaksana seperti yang dicontohkan oleh Rasul, yang mana Rasul pun dengan ketawadhuannya membantu pekerjaan istri. Upaya yang dilakukan ibu rumah tangga berperan ganda di Desa Pucung Kidul dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga yaitu menjalin komunikasi, memperkuat pondasi agama dalam rumah tangga, manajemen waktu yang tepat, serta melaksanakan hak dan kewajiban. Dalam Islam perempuan tidak dilarang untuk bekerja dan tidak pula dikekang dengan hanya mewajibkannya duduk di dalam rumah saja. Dengan demikian apa yang dilakukan oleh ibu rumah tangga di Desa Pucung Kidul dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan cara menjadi perajin keset dikatakan boleh secara hukum Islam. Kata kunci: peran ganda, kesejahteraan keluarga, Hukum Keluarga Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran ganda, Kesejahteraan keluarga, Hukum Keluarga Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.36 Hak dan Kewajiban Suami-Istri (Nafaqoh)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nailatul Khoeriyah sdri
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:28
Last Modified: 16 Nov 2023 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22598

Actions (login required)

View Item View Item