IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS V MI NURUL HIDAYAH KARANGMULYA KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL

Sofauki, Mawaddah (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS V MI NURUL HIDAYAH KARANGMULYA KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FIX 1917405188 Skripsi Sofauki Mawaddah23.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, muncul permasalahan yang mengkhawatirkan yakni dekadensi moral. Masalah ini bermula dari kalangan remaja hingga meluas ke kalangan anak-anak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas V MI Nurul Hidayah Karangmulya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian menggunakan teknik analisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran akidah akhlak dimulai dari perencanaan pembelajaran, dalam pembelajaran guru menyusun perencanaan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Sedangkan pelaksanaanya menggunakan proyektor, menggunakan metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan awal, inti, dan penutup. Evaluasi yang dilakukan guru berupa penilaian tes dan nontes. Metode yang digunakan dalam penanaman karakter religius di MI Nurul Hidayah Karangmulya ialah metode inkulkasi nilai, metode modeling, metode fasilitasi dan metode pengembangan keterampilan. Contoh metode inkulkasi nilai yaitu berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, melakukan budaya 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, santun), kemudian contoh metode keteladanan yaitu bersalaman ketika berpapasan antara guru dan peserta didik, melakukan infaq setiap hari Jumat. Contoh metode fasilitasi yaitu memperingati hari besar Islam, mengadakan istighosah dan berdo’a bersama. Contoh metode pengembangan keterampilan yaitu menghargai pendapat orang lain ketika berdiskusi peserta didik mempresentasikan hasil diskusi di depan guru dan peserta didik yang lain. Indikator kararkter religius yang muncul antara lain percaya diri, disiplin, hidup sehat, ramah, bersemangat, peduli, pemberani, tertib, taat aturan, dan lain lain. Dalam penanaman karakter religius terdapat faktor yang mendukung antara lain dari guru, peserta didik, kegiatan keagamaan serta peran dari kedua orang tua. Meskipun terdapat beberapa faktor penghambat antara lain kurangnya sarana prasarana yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar, pengaruh lingkungan yang tidak baik Namun penghambat tersebut dapat diatasi dengan baik, yaitu dengan mengadakan pembelajaran yang menarik seperti, menggunakan proyektor untuk menampilkan video atau power point.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Implementasi, Karakter Religius
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sofauki Mawaddah
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:28
Last Modified: 06 Nov 2023 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22591

Actions (login required)

View Item View Item