IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH BANYUMAS NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT PRESPEKTIF MAQĂṢIDASY-SYARĬ’AH (Studi Terhadap Peran Ormas Islam Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Covid-19)

Tesa, Aldi Prayogo (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH BANYUMAS NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT PRESPEKTIF MAQĂṢIDASY-SYARĬ’AH (Studi Terhadap Peran Ormas Islam Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Covid-19). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESA ALDI PRAYOGO_IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH BANYUMAS NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT PRESPEKTIF MAQASID ASY-SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia kasus Covid-19 sudah banyak, pemerintah langsung mengambil tindakan dengan cara membuat sebuah peraturan. Dan khususnya di Kabupaten Banyumas membuat sebuah Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 yang mengatur bagaimana caranya pencegahan dan penanggulangan penyakit ini. Bedasarkan hal ini, penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ormas islam dalam penerapan peraturan daerah tersebut di Kabupaten Banyumas berdasarkan perspektif maqa>s}id al-Syari>’ah. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan jenis penelitian lapangan. Pendeketakan yang digunakan yuridis empiris, dimana metode penelitian hukum yang menggunakan data sekunder sebagai data awalnya, kemudian dilanjutkan dengan data primer atau data lapangan. Metode pengempulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode induktif. Metode induktif sendiri adalah suatu proses berpikir yang berupa penarikan kesimpulan yang umum atau dasar pengetahuan tentang hal-hal yang khusus. Hasi dari penelitian ini menunjukan bahwa peran ormas islam di Kabupaten Banyumas dalam penelitian ini yaitu Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah dalam pencegahan dan penanggulangan covid-19 sudah melaksanakan sesuai dengan peraturan daerah Banyumas nomor 2 tahun 2020 tentang pencegahan dan penanggulangan penyakit. Yaitu dengan melaksanakan berbagai kegiatan social seperti kampanye jaga jarak, berbagi masker gratis, berbagi sembako, penyemprotan disinfektan, vaksinasi, membentuk tim pemulasaran jenazah covid-19, dan pelatihan UMKM. Dalam hal ini peran ormas islam dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit juga sudah termasuk dalam konsepsi maqa>s}id al-Syari>’ah yaitu semua aspek dalam kegiatan tersebut termasuk dalam penjagaan jiwa atau Hifz} an-nafs. Dengan berjalannya waktu masyarakat menyadari bahwa pentingnya protokol kesehatan bagi diri sendiri dan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corona Virus Disease, Peraturan Daerah, maqa>s}id al-Syari>’ah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: TESA ALDI PRAYOGO
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:58
Last Modified: 31 Oct 2023 06:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22577

Actions (login required)

View Item View Item