MIFTAHUL, JANAH (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifudin Zuhri.
|
Text
Skripsi repository_Miftahul Janah_1917402105.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan beberapa penelitian sebelumnnya salah satunya yang dilakukan oleh kemendikbud yang menunjukkan penurunan kemampuan belajar siswa secara signifikan pada nilai numerasi dan literasi pasca pandemic covid-19. Oleh karena itu pemerintah menyusun kurikulum merdeka sebagai bentuk usaha pemerintah untuk memulihkan kualitas pendidikan di Indonesia yang menurun pasca pandemic covid-19 dimana dalam kurikulum ini pemerintah memberikan kebebasan kepada pendidik dalam memilih metode pembelajaran pada peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Dalam penelitian ini jurnal, buku, dan modul ajar yang diberikan guru digunakan sebagai referensi untuk melakukan penelitian yang berjenis deskriptif kualitatif sebagai metode yang dipakai. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan beberapa kesimpulan yaitu terdapat tiga tahapan dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu perencanaan guru menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari CP, TP, ATP serta modul. Setelah itu, pada tahap pelaksanaan guru menggunakan beberapa pendekatan student center dengan beberapa variasi metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakterstik peserta didik dengan tujuan dapat menyampaikan nilai dari profil pelajar yang berfokus pada beriman kepada tuhan yang maha esa, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis serta kreatif yang terdapat pada kurikulum merdeka, dan evaluasi yang berisi hasil pengamatan guru saat mengajar serta saat ujian semester peserta didik ini meliputi beberapa aspek penting diantaranya sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang nanti dijadikan bahan acuan penilaian guru di buku raport peserta didik. Serta terdapat beberapa hal yang menjadi kendala diantaranya dalam aspek keterampilan dan pemahaman beberapa guru senior yang memiliki kendala dalam pen hal teknologi sehingga lambat dalam memahami sistem ajar yang dibagi menjadi beberapa fase sesuai jenjang kelas yang diampu untuk setiap guru yang ada dalam kurikulum merdeka, administrasi pembelajaran yang sangat kompleks, dan yang terakhir adalah karakteristik peserta didik yang berbeda-beda menyebabkan guru harus menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai pada masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miftahul Janah sdri |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 01:43 |
Last Modified: | 28 Oct 2023 01:43 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22561 |
Actions (login required)
View Item |