RELIGIUSITAS DAN MEDIA SOSIAL (Studi Atas Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Kehidupan Santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuaran)

Firdiana, Febriyanti (2023) RELIGIUSITAS DAN MEDIA SOSIAL (Studi Atas Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Kehidupan Santri Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuaran). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Firdiana Febriyanti_Religiusitas dan Media Sosial (Studi Atas Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Kehidupan Santri Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Amin Pabuaran).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbicara mengenai media sosial dan religiusitas terhadap kehidupan santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuaran. Dalam era digital saat ini, media sosial khususnya TikTok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan remaja, termasuk santri. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana penggunaan media sosial ini mempengaruhi kehidupan religius mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh melalui angket, skala likert, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap santri yang aktif menggunakan TikTok di pondok pesantren tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok, sebagai medium ekspresi diri, seringkali menghadirkan dilema bagi santri. Meskipun banyak di antara mereka yang merasa mendapatkan manfaat positif seperti akses ke konten kreatif, sebagian lainnya mengungkapkan kekhawatiran tentang konten yang dapat menyesatkan dan tidak selaras dengan nilai-nilai Islam. Beberapa santri juga merasa terdistraksi oleh konten hiburan yang berlebihan, yang dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kualitas ibadah dan komitmen religius mereka. Berdasarkan temuan ini, diperlukan pembinaan dan pendampingan dari pihak pesantren agar santri dapat memanfaatkan media sosial dengan bijak tanpa mengabaikan tuntunan agama. Pendidikan literasi digital dengan pendekatan Islam juga dapat menjadi solusi untuk membantu santri memilah dan memilih konten yang sesuai dengan ajaran agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Media Sosial, TikTok, Pondok Pesantren, Santri.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: firdiana febriyanti sdri
Date Deposited: 28 Oct 2023 01:45
Last Modified: 28 Oct 2023 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22556

Actions (login required)

View Item View Item