IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH 01 DANAKERTA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Ikhrima, Al Azizah (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH 01 DANAKERTA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ikhrima Al Azizah_Implementasi Strategi Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II Di MI Muhammadiyah 01 Danakerta Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran adalah suatu rencana yang dilaksanakan pendidik untuk mengoptimalkan potensi peserta didik agar siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk dapat mencapai hasil yang diharapkan. Strategi pembelajaran aktif Card Sort adalah salah satu strategi yang diterapkan oleh guru kelas II MI Muhammadiyah 01 Danakerta dalam pembelelajaran fiqih untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran card sort pada mata pelajaran fiqih kelas II di MI Muhammadiyah 01 Danakerta Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Muhammadiyah 01 Danakerta Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Dengan subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru kelas II, dan peserta didik kelas II. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi , wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran card sort pada mata pelajaran fiqih di kelas II memiliki beberapa tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Implementasi strategi card sort pada mata pelajaran fiqih dapat meningkatkan antusias dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan membantu siswa untuk memahami pelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Card Sort, Pembelajaran Fiqih
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikhrima Al Azizah
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:13
Last Modified: 27 Oct 2023 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22554

Actions (login required)

View Item View Item