IMPLEMENTASI PAIKEM GEMBROT DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V B MI MA’ARIF NU BAJONG PURBALINGGA

anis, sabila khasan (2023) IMPLEMENTASI PAIKEM GEMBROT DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V B MI MA’ARIF NU BAJONG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Saifuddun Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anis Sabila_implementasi paikem gembrot dalam pengembangan kompetensi critical t.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai implementasi Paikem Gembrot dalam pengembangan Critical thinking dilatarbelakangi karena penerapan model pembelajaran Paikem Gembrot ini memberikan perubahan dalam pengembangan berpikir kritis anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Paikem Gembrot dalam Pengembangan Kompetensi Critical thinking Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V B MI Ma‟arif NU Bajong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dimana menyajikan data bukan berbentuk angka-angka. Subjek dari penelitian ini adalah guru sejarah kebudayaan Islam kelas VB dan peserta didik kelas VB. Teknik Pengumpulan data pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dibantu dengan Teknik analisis data diantaranya reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Peneliti mengkaji seluruh proses pembelajaran yang dimulai dari perencanaan, yang didalamnya terdiri dari pembuatan RPP, menentukan media pembelajaran, serta menyiapkan materi yang akan disamapaikan tahap selanjutnya pelaksanaan, guru menjelaskan isi materi dengan model Paikem Gembrot supaya pembelajaran terasa lebih menyenangkan tidak bosan dan terakhir evaluasi pembelajaran, yang didalamnya guru memberikan kuis dadakan kepada peserta didik, UTS dan UAS. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimum (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PAIKEM GEMBROT, Critical Thinking, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anis Sabila Khasan sdr
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:10
Last Modified: 27 Oct 2023 06:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22547

Actions (login required)

View Item View Item