Nilai-Nilai Religius dalam Novel Isabel, The Jewel from Constantinople Karya Deasylawati Prasetyaningtyas dan Relevansinya dengan Materi PAI di SMA

Ridha Dwi, Yuliana (2023) Nilai-Nilai Religius dalam Novel Isabel, The Jewel from Constantinople Karya Deasylawati Prasetyaningtyas dan Relevansinya dengan Materi PAI di SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ridha Dwi Yuliana_1917402148.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, gejala-gejala kemerosotan moral telah merajalela di mana- mana termasuk di kalangan pelajar. Untuk dapat membentuk generasi yang religius bisa menggunakan media, salah satunya adalah novel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai religius yang ada dalam novel Isabel, The Jewel from Constantinople karya Deasylawati Prasetyaningtyas dan relevansinya dengan materi PAI di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data. Dalam metode analisis data, penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian tentang nilai- nilai religius yang terdapat dalam novel Isabel, The Jewel from Constantinople, yaitu: 1) akidah meliputi: iman kepada Allah, iman kepada kitab, iman kepada rasul, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qadha dan qadar, 2) ibadah meliputi: ibadah mahdah dan ibadah ghairu mahdah, dan 3) akhlak meliputi: akhlak terpuji dan akhlak tercela. Nilai-nilai religius itu memiliki relevansi dengan materi PAI di SMA kelas X. Terdapat empat bab yang memiliki relevansi dengan aspek akidah. Sedangkan relevansi untuk aspek ibadah dan akhlak terdapat lima bab materi. Masing-masing aspek berkaitan dengan elemen akidah, akhlak, fikih, Al-Qur’an dan hadis, serta sejarah peradaban Islam. Elemen akidah berkaitan dengan syu’abul īman (cabang-cabang iman). Elemen akhlak berkaitan dengan akhlak madzmumah dan akhlak mahmudah. Elemen fikih berkaitan dengan al-kulliyatu al-khamsah (lima prinsip dasar hukum Islam). Elemen Al-Qur’an dan hadis berkaitan dengan kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta larangan pergaulan bebas dan zina. Terakhir, elemen sejarah peradaban Islam berkaitan dengan metode dakwah yang santun, moderat, bi al-hikmah wa al-mauidlatil hasanah adalah perintah Allah Swt serta membiasakan sikap kesederhanaan dan kesungguhan mencari ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Religius, Novel Isabel, The Jewel from Constantinople, Materi PAI SMA
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.1 Iman Kepada Allah
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.2 Malaikat
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.3 Kitab-Kitab Allah
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.4 Nabi dan Rasul
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.5 Hari Akhir (Kiamat)
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.6 Qada dan Qadar
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.13 Puasa dan Aspek lainnya( Wajib, Sunah, lailatul Qadar dll))
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RidhaDwi Dwi Yuliana sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:10
Last Modified: 27 Oct 2023 06:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22546

Actions (login required)

View Item View Item