IMPLEMENTASI METODE IQRA` DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS 2A DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR

SANTIYA, SANTIYA (2023) IMPLEMENTASI METODE IQRA` DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS 2A DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR. Skripsi thesis, UIN Saifuddun Zuhri.

[img]
Preview
Text
SANTIYA-IMPLEMENTASI METODE IQRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KELAS 2A DIMI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah Penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Metode Iqro` dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 2A di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Iqro` dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an, mengetahui penilaian metode Iqro` dalam pembelajaran al-qur’an, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode Iqro`. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana peneliti datang langsung ke tempat penelitian yaitu MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas 2A, Siswa Kelas 2A. Faktor pendukung dalam penelitian ini, guru yang selalu sabar dalam membimbing dan mendidik siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar. Sedangkan faktor penghambatnya, kebanyakan siswa yang belum bisa memahami huruf hijaiyah dan metode Iqro`, durasi waktu yang sedikit, hanya dilaksanakan 3 hari yaitu hari senin-rabu, beberapa siswa belum bisa membedakkan huruf yang bentuknya sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode iqro,kemamuan,membeca alquran
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Santiya Santiya sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:13
Last Modified: 27 Oct 2023 06:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22544

Actions (login required)

View Item View Item