NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU MAN SHABARA ZHAFIRA KARYA AHMAD RIFA'I RIF'AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

RIZQI, SEPTIANA (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU MAN SHABARA ZHAFIRA KARYA AHMAD RIFA'I RIF'AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizqi Septiana Pangestuti_Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Buku Man Shabara Zhafira Karya Ahmad Rifa'i Rif'an dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam merupakan suatu hal yang penting untuk memberikan pemahaman pada setiap orang khususnya umat muslim, terakit dengan ajaran-ajaran agama Islam yang didasarkan pada al-Qur’an dan Hadits. Kemudian pengetahuan tersebutlah yang harus diamalkan dalam kehidupannya sehari-hari untuk menjadikannya insan mulia, salah satunya dengan memiliki akhlak yang baik. Penelitian ini dilatar belakangi dengan semakin berkembangnya teknologi yang memudahkan untuk mengakses segalanya lewat media digital dan sosial media, sehingga pendidikan Islam ini dapat membatasi orang-orang lebih khusus pada anak-anak usia remaja yang masih labil dalam emosinya untuk tidak terjerumus pada kenakalan-kenakalan remaja yang dapat merugikan dirinya dan orang lain. Buku Man Shabara Zhafira karya Ahmad Rifa’i Rif’an merupakan salah satu buku yang berisi nilai-nilai pendidikan Islam, yang dapat digunakan sebagai motivasi untuk anak-anak usia remaja dalam meraih mimpi-mimpinya dengan kesuksesan. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Man Shabara Zhafira karya Ahmad Rifa’i Rif’an dan relevansinya dengan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku Man Shabara Zhafira karya Ahmad Rifa’i Rif’an dan untuk sumber data sekunder yang digunakan adalah pengumpulan informasi dan data yang diperoleh dari buku-buku, jurnal ataupun artikel yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Man Shabara Zhafira karya Ahmad Rifa’i Rif’an, yaitu nilai pendidikan aqidah, nilai pendidikan ibadah dan nilai pendidikan akhlak. Selain itu, terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Man Shabara Zhafira karya Ahmad Rifa’i Rif’an dengan pendidikan Islam di Indonesia. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Buku Man Shabara Zhafira, Pendidikan Islam di Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Buku Man Shabara Zhafira, Pendidikan Islam di Indonesia
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizqi Septiana Pangestuti
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:46
Last Modified: 27 Oct 2023 06:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22543

Actions (login required)

View Item View Item