KONSEP ACTIVE LEARNING DALAM BUKU TEACH LIKE FINLAND (MENGAJAR SEPERTI FINLANDIA: 33 STRATEGI SEDERHANA UNTUK KELAS YANG MENYENANGKAN) DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Eti, Yuliana (2023) KONSEP ACTIVE LEARNING DALAM BUKU TEACH LIKE FINLAND (MENGAJAR SEPERTI FINLANDIA: 33 STRATEGI SEDERHANA UNTUK KELAS YANG MENYENANGKAN) DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETI YULIANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsep pembelajaran aktif sering dibicarakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja kegiatan pembelajaran dalam pendidikan Islam. Berbagai sumber dapat diadopsi sebagai referensi penelitian salah satunya berasal dari buku teach like Finland yang menjelaskan 33 strategi pembelajaran menyenangkan dan berisi metode pembelajaran untuk mengaktifkan siswa. Peneliti ingin mengetahui hubungan antara metode pembelajaran pendidikan agama Islam yang umum digunakan di lembaga pendidikan dengan pembelajaran aktif dalam buku Teach Like Finland (Mengajar Seperti Finlandia: 33 Strategi Sederhana Untuk Kelas Yang Menyenangkan). Pasalnya Finlandia merupakan salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji, menganalisis dan mendeskripsikan relevansi metode pembelajaran pendidikan agama Islam dengan konsep pembelajaran aktif dalam buku Teach Like Finland (Mengajar Seperti Finlandia: 33 Strategi Sederhana Untuk Kelas Yang Menyenangkan). Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian kepustakaan dan teknik analisis menggunakan metode analisis isi. Berdasarkan data, hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Konsep active learning dalam buku Teach Like Finland terdapat dalam sepuluh strategi yang memuat karakteristik active learning (2) Terdapat relevansi active learning dalam buku Teach Like Finland dengan metode pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu relevansi dengan tujuan pembelajaran, bahan ajar, situasi pendidikan, peserta didik dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Metode Pembelajaran PAI, Teach Like Finland.
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eti Yuliana sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:16
Last Modified: 27 Oct 2023 06:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22542

Actions (login required)

View Item View Item