PENDIDIKAN ADAB DALAM KITAB TADZKIRATUS SAMI' WAL MUTAKALLIM KARYA IMAM BADRUDDIN IBNU JAMA'AH AL-KINANI ASY-SYAFI'I

Fiki, Sholihah (2023) PENDIDIKAN ADAB DALAM KITAB TADZKIRATUS SAMI' WAL MUTAKALLIM KARYA IMAM BADRUDDIN IBNU JAMA'AH AL-KINANI ASY-SYAFI'I. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FIKI SHOLIHAH_PENDIDIKAN ADAB DALAM KITAB TADZKIRATUS SAMI' WAL MUTAKALLIM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adab merupakan pedoman utama dalam beretika sehingga membentuk karakter kepribadian seorang pengajar, peserta didik maupun penuntut ilmu menjadi manusia yang beradab dan berakhlak. Pendidikan adab dalam proses mengajar bagi pengajar dan proses belajar untuk peserta didik menjadi prioritas utama yang harus senantiasa diperhatikan karena untuk memperoleh keberkahan dan kemanfaatan ilmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait pendidikan adab perspektif Imam Badruddin Ibnu Jama’ah Al-Kinani Asy-Syafi’i dalam kitab Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang jenis penelitiannya studi pustaka (library research) untuk mencari hasil penelitian yang valid maka diperlukan seleksi sumber, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yang digunakan peneliti untuk melakukan penelitian ini adalah kitab Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim karya Imam Badruddin Ibnu Jama’ah Al-Kinani Asy-Syafi’i. Sedangkan sumber data sekundernya yaitu kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim karya K.H. Hasyim Asy’ari, kitab Bulughal Maram karya Ibnu Hajar Al-Asqalany, dan buku-buku atau artikel serta jurnal yang mendukung dalam penelitian ini tentang pendidikan adab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan adab dalam kitab Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim karya Imam Badruddin Ibnu Jama’ah Al-Kinani Asy-Syafi’i terbagi menjadi 4 bab pembahasan utama mengenai pendidikan adab. Pertama, pendidikan adab untuk pengajar yang terbagi menjadi tiga macam yaitu pendidikan adab untuk pengajar terhadap dirinya sendiri, pendidikan adab untuk pengajar dalam mengajar, dan pendidikan adab untuk pengajar terhadap peserta didik dan adab dalam majelis. Kedua, pendidikan adab untuk peserta didik yang terbagi menjadi tiga macam yaitu pendidikan adab untuk peserta didik terhadap dirinya sendiri, pendidikan adab untuk peserta didik terhadap pengajar, dan pendidikan adab untuk peserta didik saat belajar. Ketiga, pendidikan adab terhadap kitab/buku sebagai media untuk mendapatkan ilmu. Keempat, pendidikam adab untuk penghuni asrama madrasah. Pendidikan adab menjadi peran penting yang harus diterapkan oleh pengajar maupun peserta didik karena dalam pendidikan adab terdapat penanaman adab yang dapat merubah tabiat, kebiasaan, karakter, akhlak, kedisiplinan dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Akhir
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FIKI SHOLIHAH sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:30
Last Modified: 27 Oct 2023 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22537

Actions (login required)

View Item View Item