Penerapan Mata Pelajaran Dirosah Islamiyah An Nahdliyah Praktis dalam Pembelajaran Praktik Ibadah pada Peserta Didik SMP Al Hikmah Kawunganten Kabupaten Cilacap

Hanat, Nabilah (2023) Penerapan Mata Pelajaran Dirosah Islamiyah An Nahdliyah Praktis dalam Pembelajaran Praktik Ibadah pada Peserta Didik SMP Al Hikmah Kawunganten Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hanat Nabilah_Penerapan Mata Pelajaran Dirosah Islamiyah An Nahdliyah Praktis dalam Pembelajaran Praktik Ibadah pada Peserta Didik SMP Al Hikmah Kawunganten Kabupaten Cilacap.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ibadah merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat manusia. Karena dengan ibadah merupakan salah satu bukti ketaatan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saat ini masih banyak peserta didik yang belum bisa untuk melakukan dan mempraktikan mengenai ibadah dengan baik dan benar. Oleh karena itu pendidikan berbasis agama sangatlah penting untuk diberikan dan diajarkan kepada para peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengambarkan dan menganalisis mengenai Penerapan Mata Pelajaran Dirosah Islamiyah An-Nahdliyyah Praktis dalam pembelajaran praktik ibadah pada peserta didik SMP Al Hikmah Kawunganten. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan dan menganalisis Penerapan Mata Pelajaran Dirosah Islamiyah An-Nahdliyyah Praktis dalam pembelajaran praktik ibadah pada peserta didik SMP Al Hikmah Kawunganten. Dalam pelaksanaannya, subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Al Hikmah Kawunganten, Tim Dirosah Islamiyah An-Nahdliyyah Praktis, guru Dirosah Islamiyah An-Nahdliyyah Praktis, dan peserta didik SMP Al Hikmah Kawunganten. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran praktik ibadah pada peserta didik SMP Al Hikmah Kawunganten. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa tujuan pembelajaran ditetapkan berdasarkan kurikulum yang digunakan. Materi dalam mata pelajaran Dirosah Islamiyah An-Nahdliyyah Praktis diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dikembangkan dengan cara mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Metodeyang digunakan yaitu metode cetamah dan metode praktik. Media yang digunakan dalam mata pelajaran Dirosah Islamiyah An-Nahdliyyah Praktis adalah guru Dirosah Islamiyah An-Nahdliyyah Praktis, dan media lainnya yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran Dirosah Islamiyah An-Nahdliyyah Praktis yaitu mannequin, meja untuk meletakkan mannequin, air, ember, gayung, kain penutup(jarik), teko air untuk praktik memandikan jenazah, mushola sekolah untuk praktik menshalati jenazah, dan pemakaman sebagai media pembelajaran dalam materi ziarah kubur. Evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Dirosah Islamiyah An-Nahdliyyah Praktis sudah meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dirosah Islamiyah, Pembelajaran praktik ibadah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanat Nabilah sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:50
Last Modified: 27 Oct 2023 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22531

Actions (login required)

View Item View Item