PENGARUH RELIGIUSITAS DAN LITERASI HALAL TERHADAP KESADARAN HALAL PADA PEDAGANG MUSLIM MAKANAN DAN MINUMAN PASAR SUNDAY MORNING GOR SATRIA PURWOKERTO

Risma, Dwi Sagita (2023) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN LITERASI HALAL TERHADAP KESADARAN HALAL PADA PEDAGANG MUSLIM MAKANAN DAN MINUMAN PASAR SUNDAY MORNING GOR SATRIA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RISMA DWI SAGITA_PENGARUH RELIGIUSITAS DAN LITERASI HALAL TERHADAP KESADARAN HALAL PEDAGANG MUSLIM MAKANAN DAN MINUMAN PASAR SUNDAY MORNING GOR SATRIA PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permintaan pasar yang luas mengenai produk halal di Indonesia, belum dapat dipenuhi oleh aksesibilitas barang domestik yang diciptakan oleh sektor Halal di Indonesia. Kurangnya kemampuan industri halal tersebut terdapat beberapa penyebab, salah satunya yaitu masih banyak menghadapi masalah di kalangan pelaku industri halal, dimana masalah tersebut adalah masih rendahnya pengetahuan dan kesadaran produk halal, dan masih banyak lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Religiusitas dan Literasi Halal berpengaruh terhadap Kesadaran Halal pedagang Muslim makanan dan minuman pasar Sunday Morning GOR Satria Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Populasi sebanyak 150 pedagang Muslim makanan dan minuman dengan perhitungan sampel rumus Slovin menghasilkan 110 responden dari Pasar Sunday Morning GOR Satria Purwokerto. Teknik analisis data menggunakan Uji Rank Spearman, Uji Kendall’s W dan Regresi Ordinal menggunakan program SPSS 26. Berdasarkan analisis korelasi Rank Spearman menghasilkan korelasi Religiusitas dan Literasi Halal yang dapat disimpulkan bahwa Religiusitas (0,691) dan Literasi Halal (0,619) secara parsial berpengaruh positif terhadap Kesadaran Halal. Hasil uji Kondordansi Kendall’s W hasil signifikansi sebesar 0,45 yang membuktikan adanya korelasi antara variabel Religiusitas dan Literasi Halal dengan Kesadaran Halal dengan arah positif. Pengujian regresi ordinal table model fitting information menunjukan bahwa variabel Religiusitas dan Literasi Halal secara simultan berpengaruh terhadap Kesadaran Halal pada Pedagang Muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, literasi halal, kesadaran halal pada pedagang muslim
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Risma Dwi Sagita sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:13
Last Modified: 27 Oct 2023 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22526

Actions (login required)

View Item View Item