NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM NOVEL JANJI KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Ilma, Fadhilatul (2023) NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM NOVEL JANJI KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ilma Fadhilatul Kusna_Nilai-Nilai Karakter Religius dalam Novel Janji Karya Tere Liye dan Relevansinya Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas (SMA).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, banyak kasus moral yang terjadi di kalangan masyarakat yang berkaitan dengan degradasi karakter generasi muda. Untuk menangani hal tersebut, perlu adanya upaya untuk membentuk karakter peserta didik dengan menanamkan karakter religius yang sesuai dengan materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menanamkan karakter religius yaitu dengan pengajaran sastra yang efektif seperti membaca novel. Salah satu novel yang mengandung banyak nilai religius di dalamnya yaitu novel Janji karya Tere Liye. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter religius dalam novel Janji karya Tere Liye dan menganalisis relevansi karakter religius yang terdapat dalam novel Janji karya Tere Liye dengan materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA. Penelitian ini dilakukan dengan metode library research (kepustakaan) dan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer berupa novel Janji karya Tere Liye dan sumber data sekunder berupa sumber referensi lain seperti buku, jurnal, dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan content analysis (analisis isi). Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, novel Janji karya Tere Liye mengandung nilai karakter religius, yaitu 1) Nilai ibadah yang meliputi mendirikan salat, niat naik haji, dan berdoa. 2) Nilai ruhul jihad yang meliputi guru mendidik muridnya dan karyawan terhadap pekerjaannya. 3) Nilai akhlak dan kedisiplinan yang meliputi bersyukur, bertaubat, jujur, tidak suka bergunjing, toleransi, tolong-menolong, dan dermawan. 4) Nilai Keteladanan yang meliputi karyawan terhadap bosnya, warga terhadap masyarakat, dan antar sesama teman. 5) Nilai amanah yang meliputi menunaikan tugas dan menyampaikan pesan, dan nilai ikhlas yang meliputi merelakan dan menerima takdir. Kelima nilai tersebut yang terkandung dalam novel Janji memiliki relevansi dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Novel Janji karya Tere Liye, Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilma Fadhilatul Kusna sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:30
Last Modified: 27 Oct 2023 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22517

Actions (login required)

View Item View Item