KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP KURIKULUM MERDEKA

Siti, Rochayah (2023) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP KURIKULUM MERDEKA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Siti Rochayah (1917402171).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam pendidikan merupakan pembahas yang tidak akan menemukan ujung dalam pembahasannya, sama halnya dalam pendidikan Islam. Semakin berkembangnya zaman menuntun perkembangan dalam pendidikan. Dalam pembahasan para ahli sudah menjadi barang pasti berdasarkan pada pandangan hidup, nilai-nilai serta pengalaman yang mereka lalui. Salah satu tokoh pendidikan Islam adalah Syed Muhammad Naquib Al-Attas yang kita sebut Al-Attasdalam pembahasan selanjutnya. Peneliti mengangkat tokoh ini, karena Ia adalah seorang intelektual muslim yang memberikan kontribusi baru dalam dunia pendidikan Islam. Penelitian inibertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam menurut Al-Attas serta untuk mendeskripsikan relevansi konsep pendidikan Islam menurut SyedNaquib Al-Attasdengan konsep kurikulum merdeka. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : bagaimana konsep Pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas serta bagaimana relevansi konsep pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dengam konsep kurikulum Merdeka? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan (library research) yang datanya diperoleh dari karya Syed Muhammad Naquib Al-Attasdalam pembahasan konsep pendidikan Islam serta karya terjemah dari Whan Mohd Whan Daud yang merupakan murid dari Al-Attas. Semua data penelitian di atas menggunakan metode analisis isi (content analisis). Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa konsep pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan relevansinya terhadap konsep kurikulum merdeka yaitu; konsep pendidikan Islam Al-Attas memiliki relevansi dengan konsep kurikulum merdeka. diantaranya yaitu dalam dimensi profil pancasila pada poin pertama memiliki relevansi dengan konsep pendidikan Islam yaitu pada konsep ta’dib, relevansi integrasi ilmu pengetahuan al-attas dengan konsep kurikulum merdeka dimana dalam pengembangan ilmu pengetahuannya menerapkan pendekatan integrasi antara mata pelajaran yang diampu dan relevansi tujuan pendidikan islam al-attas dengan tujuan pembelajaran pendidikan agama dan budi pekerti yang mana dalam tujuan konsep pendidikan islam al attas yaitu membentuk orang baik memiliki relevansi dengan tujuan pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yaitu dengan membentuk peserta didik yang beriman, berakhlak serta meiliki tolerans.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep, Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Relevansi, Pendidikan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Rochayah sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:42
Last Modified: 27 Oct 2023 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22503

Actions (login required)

View Item View Item