Analisis akad ijarah 'ala al-a'mal pada praktik guru les Al Qur'an prespektif hukum ekonomi syariah (Studi kasus di kelurahan Pabuaran kecamatan Purwokerto Utara kabupaten Banyumas)

Irfan, Rosadi (2023) Analisis akad ijarah 'ala al-a'mal pada praktik guru les Al Qur'an prespektif hukum ekonomi syariah (Studi kasus di kelurahan Pabuaran kecamatan Purwokerto Utara kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IRFAN ROSADI_ANALISIS AKAD IJARAH 'ALA AL-'AMAL PADA PRAKTIK GURU LES AL-QUR'AN PRESPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kausus di Kelurahan Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sifat hakiki seorang manusia selain sebagai makhluk individu juga merupakan sebagai seorang makhluk sosial tidak ada satu manusia pun yang dapat hidup tanpa adanya peran dari manusia lainnya. Muamalah merupakan salah satu bentuk kerjasama sosial yang sering terjadi dan berjalan di masyarakat, hususnya pada masyarakat Islam. Praktik muamalah dalam sosial masyarkat salah satunya terjadi pada kegiatan yang dilakukan oleh guru les al-Qur’an di Kelurahan. Penyusun akan membahas tentang praktik muamalah akad ija@rah ‘ala al-a‘ma@l antara guru les dengan wali siswa yang nantinya dianalisis berdasarkan hukum ekonomi syariah. Adapun hal yang membuat penyusun tertarik menelitinya adalah pada praktik akad ija@rah mereka tidak ada kesepakatan yang jelas terkait pengupahanya, maka hal tersebut berlainan dengan teori pengupahan dalam hukum ekonomi syariah yang sudah ada dan disepakati. Penelitian ini merupakan penilitian lapangan (fied research), yang secara langsung mencari data dan informasi kepada masyarakat dan pihak yang menjadi pelaku yaitu pengajar dan wali siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan normative dan sosiologis. Penulis dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber primer yang penulis gunakan berupa informan dari wali siswa dan guru pengajar les. Metode analisis data yeng penulis gunakan adalah metode deduktif yaitu analisis yang didasarkan pada suatu pengetahuan umum dan diterapkan dengan realita empiris tertentu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik muamalah antara guru les dengan wali siswa merupakan praktik akad ija@rah ‘ala al-a‘ma@l, yang pada awal mula si pengajar ditugaskan untuk mengajarkan al-Qur’an secara privat ke rumah si wali siswa tersebut. Dalam praktik tersebut tidak ada kejelasan terkait pengupahanya, kemudian pada analisis hukum nya praktik akad tersebut dihukumi sah dan kekurangan pada akad tersebut dimaafkan karena terdapat dalil hukum yang memaafkan serta kedua belah pihak sudah saling rid}o. Kata kunci: Analisis akad, ija@rah ‘ala al-a‘ma@l, upah, guru les privat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis akad, ija@rah ‘ala al-a‘ma@l, upah, guru les privat.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.28 Perbandingan Hukum Bidang Muamalat dan Hukum Lain
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Irfan Rosadi sdr
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:54
Last Modified: 27 Oct 2023 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22502

Actions (login required)

View Item View Item