IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BOJONGSARI

Aprilia Dyah, Cahya Rizky (2023) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BOJONGSARI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
APRILIA DYAH CAHYA RIZKY_IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 BOJONGSARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persoalan moral telah menjadi masalah tersendiri bagi kehidupan generasi muda. Hal yang memilukan dalam rusaknya moral yaitu terkait etika kepada orang yang lebih tua, guru dan teman, bullying, mencontek, dan masih banyak lainnya. Krisisnya lagi anak zaman sekarang cenderung lebih memilih HP untuk bermain game atau menggunakan sosial media sehingga muncul sikap yang egois, malas, tidak disiplin, dan kurang tanggung jawab terhadap apa yang sudah menjadi tanggung jawab mereka. Hal ini mempengarungi karakter generasi muda. Kemendikbudristek telah melakukan pembaharuan kurikulum, dari kurikulum 13 menjadi kurikulum merdeka.Salah satu karakteristik dari kurikulum merdeka yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi siswa serta dapat mewujudkan pelajar Pancasila dengan keenam dimensi antara lain beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berkahlak mulia; berkebhinekaan global; gotong royong; mandiri; kreatif; dan bernalar kritis. Materi yang tak kalah penting dari materi lainnya yaitu materi Pendidikan Agama Islam yang tidak hanya mengajarkan materinya untuk sekedar dipahami saja namun dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini guna mendeskripsikan secara rinci implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu waka kurikulum, guru PAI, dan siswa SMK Negeri 1 Bojongsari. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dilakukan melalui 3 kegiatan yaitu: 1) perencanaan yang dilakukan melalui penyusunan CP, ATP, modul ajar, metode pembelajaran, dan asesmen. 2) Pelaksanaan yang dilakukan dengan 3 tahap yaitu tahap permulaan, tahap pengajaran, dan tahap penilaian dengan menggunakan metode discovery learning, PJBL, dan teileren sehingga dapat menerapkan dimensi Profil Pelajar Pancasila didalam pembelajarn. 3) Evaluasi dilakukan melalui beberapa cara diantaranya menggunakan asesmen sumatif dan asesmen formatif. Kata Kunci: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aprilia Dyah Cahya Rizky sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:39
Last Modified: 27 Oct 2023 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22492

Actions (login required)

View Item View Item