Akulturasi Agama dan Budaya Studi Kasus Pada Tradisi Sedekah Bumi di Desa Gumelar Kecamatan Gumelar

Nur, Khotimatus Sa'adah (2023) Akulturasi Agama dan Budaya Studi Kasus Pada Tradisi Sedekah Bumi di Desa Gumelar Kecamatan Gumelar. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nur Khotimatus Sa'adah_Akulturasi Agama dan Budaya Studi Kasus Pada Tradisi Sedekah Bumi di Desa Gumelar Kecamatan Gumelar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak Tradisi Sedekah Bumi di Desa Gumelar Kecamatan Gumelar merupakan ritual yang dilakukan oleh masyarakat Desa Gumelar sebagai bentuk syukur atas panen yang diperoleh dan untuk memohon keberkahan atas hasil panen di masa yang akan datang. Pelaksanaan Sedekah Bumi dilakukan setiap tahun sekali pada bulan Apit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Tradisis sedekah bumi di Desa Gumelar merupakan salah satu contoh dari kearifan lokal yang masih dilestarikan oleh masyarakat. Meskipun telah terjadi perubahan dalam pelaksanaanya, tradisi ini masih dianggap penting sebagai bagian dari identitas dan kebudayaan masyarakat Desa Gumelar. Hasil Penelitian ini mencakup ungkapan rasa syukur yang dalam atas hasil panen yang berlimpah, sebagai simbol kesejahteraan dan kelimpahan. Dalam tradisi ini, masyarakat bersatu untuk merayakan kesuksesan panen, membagikan hasil panen kepada yang lebih membutuhkan, dan mempererat hubungan sosial dalam sebuah upacara yang kaya akan nilai-nilai budaya dan spiritual. Tradisi sedekah bumi juga memiliki dampak positif pada ekonomi dan pertumbuhan sosial masyarakat, serta berperan dalam mempertahankan identitas budaya setempat. Kata Kunci: Akulturasi, Tradisi Sedekah Bumi, Desa Gumelar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akulturasi, Tradisi Sedekah Bumi, Desa Gumelar
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nur Khotimatus Sa'adah sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:30
Last Modified: 27 Oct 2023 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22486

Actions (login required)

View Item View Item