KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA NOVEL “EMAK AKU MINTA SURGAMU, YA…” KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY

Kharisma, Nur Azizah (2023) KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA NOVEL “EMAK AKU MINTA SURGAMU, YA…” KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY. Skripsi thesis, Uin Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Kharisma Nur Azizah_1917402098 (3).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan sangat berperan penting dalam mewujudkan Pendidikan Nasional. Penanaman konsep pendididikan keluarga dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yakni melalui pendidikan yang memanfaatkan media belajar berupa novel. Novel dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran mengenai konsep pendidikan keluarga dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, sebagai contoh yakni novel “Emak Aku Minta Surgamu Ya” karya Taufiqurrahman al-Azizy. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui konsep pendidikan keluarga yang terkandung dalam novel “Emak Aku Minta Surgamu Ya” karya Taufiqurrahman al-Azizy. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yakni novel “Mak Aku Minta Surgamu Ya” dan sumber data sekunder yakni berupa buku-buku, jurnal dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara serta metode analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian dari analisis konsep pendidikan keluarga yang terkandung dalam novel “Emak Aku Minta Surgamu Ya” karya Taufiqurrahman al-Azizy yang perlu diketahui, dipahami bahwa keluarga merupakan salah satu lingkungan pembinaan anak. Pendidikan Islam tidak hanya terbatas pada pengajaran agama saja, oleh karena itu perlunya penanaman nilai-nilai keagamaan tersebut dalam tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan keluarga akan tercapai dengan berbagai pendidikan diantaranya pendidikan suami, pendidikan ibu dan pendidikan anak. Serta penanaman materi aqidah, ibadah dan akhlakul karimah yang benar dan ajaran-ajaran dalam meningkatkan iman, takwa, dan akhlak yang baik. Dengan menggunakan metode pendidikan keluarga yaitu: metode internalisasi, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode cerita dan metode nasihat. Sehingga tujuan berkeluarga perspektif islam tercapai dan menjadi generasi yang unggul. Konsep pendidikan keluarga tersebut memiliki relevansi dengan pendidikan islam. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Keluarga, Perspektif Islam, dan Novel Mak Aku Minta Surgamu Ya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Keluarga, Perspektif Islam, dan Novel Mak Aku Minta Surgamu Ya.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kharisma Nur Azizah sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:34
Last Modified: 27 Oct 2023 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22479

Actions (login required)

View Item View Item