STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MENGGUNAKAN METODE WAFA PADA KELAS III DI SD IT HARAPAN BUNDA 2 PURWOKERTO

Sifaul, Janah (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MENGGUNAKAN METODE WAFA PADA KELAS III DI SD IT HARAPAN BUNDA 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SIFAUL JANAH_STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN MENGGUNAKAN METODE WAFA PADA KELAS III DI SD IT HARAPAN BUNDA 2 PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE WAFA PADA SISWA KELAS III DI SD IT HARAPAN BUNDA 2 PURWOKERTO SIFAUL JANAH Abtrak: Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai pedoman hidup manusia yang di dalamnya terdapat perintah dan larangan serta aturan yang sesuai dengan syariat islam, maka dalam membaca Al-Qur’an diupayakan harus membaca sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajnya. Dalam pembelajaran Al-Qur’an diperlukan strategi untuk mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut dibutuhkan sebuah metode yaitu metode wafa agar peserta didik lebih cepat memahami tata cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Metode wafa belajar Al-Quran otak kanan memiliki beberapa sifat seperti lebih fleksibel, imajinatif, penuh inofasi, kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode wafa. Peneliti memlilih SD IT Harapan Bunda 2 Purwokerto sebagai tempat penelitian karena SD IT Harapan Bunda 2 Puwokerto memang menggunakan metode wafa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah startegi guru dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Quran menggunakan metode wafa pada kelas III di SDIT Harapan Bunda 2 Purwokerto. Dengan subjek penelitian meliputi, kepala sekolah, kepala bidang wafa, ustadz/ustadzah kelas III, dan siswa kelas III. Cara yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Wafa pada kelas III di SD IT Harapan Bunda 2 Purwokerto sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode wafa, yang meliputi menetapkan model-model pembelajaran, menetapkan media pembelajaran, menetapkan tujuan dan target pembelajaran, menetapkan kelompok pembelajaran sesuai dengan kemampuan, dan melakukan penetapan rasionalisasi jumlah guru dan siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode wafa, yang terdiri dari pembuka, kegiatan inti, dan penutup. 3) Evaluasi atau penilaian metode wafa. Hasil dari pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode wafa terlilhat pada kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Strategi guru dalam pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode wafa di SD IT Harapan Bunda 2 Purwokerto sudah berjalan dengan baik terlihat adanya perkembangan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Kata Kunci: Strategi Guru, Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Wafa TEACHER’S STRATEGY IN DEVELOPING THE ABILITY TO READ THE QUR’AN USING THE WAFA METHOD IN CLASS III STUDENTS AT SD IT HARAPAN BUNDA 2 PURWOKERTO SIFAUL JANAH NIM. 1917405119 Abstract: In learning the Qur'an, a strategy is needed in developing the ability to read the Qur'an. To develop this ability, a method is needed, namely the wafa method so that students can more quickly understand how to read the Al-Quran properly and correctly. The right-brain Al-Quran learning wafa method has several characteristics such as being more flexible, imaginative, full of innovation, creative. The purpose of this research is to develop the ability to read the Qur'an using the wafa method. This study uses a field research method that is descriptive qualitative. The location studied was SD IT Harapan Bunda 2 Purwokerto, South Purwokerto District, Banyumas Regency. With research subjects including, class III teachers, class III students, and school principals. The results of research on Teacher Strategies in Developing the Ability to Read the Qur'an Using the Wafa Method in class III at SD IT Harapan Bunda 2 Purwokerto, 1) Planning for Al-Qur'an learning using the wafa method, determining learning models, setting learning goals and targets, determining learning groups according to ability, and determining the rationalization of the number of teachers and student. 2) Implementation of Al-Qur'an learning using the wafa method, which consists of an opening, core activities and closing. 3) Evaluation or assessment of the wafa method. The results of learning the Al-Qur'an using the wafa method can be seen in the ability to read and write the Al-Qur'an. The teacher's strategy in learning the Al-Qur'an using the wafa method at SD IT Harapan Bunda 2 Purwokerto has been going well, showing progress in the ability to read the Al-Qur'an. Keywords: Teacher's Strategy, Developing Al-Qur'an Reading Ability, Wafa Method

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an, Metode Wafa
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.02 Aneka ragam Al Qur'an (statistik, direktori, dll)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sifaul Janah sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:18
Last Modified: 27 Oct 2023 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22476

Actions (login required)

View Item View Item