PENGARUH VIRAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN TURBO MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MIXUE PURWOKERTO)

Sulma, Nely Faizah (2023) PENGARUH VIRAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN TURBO MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MIXUE PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sulma Nely Faizah_Pengaruh Viral Marketing, Electronic Word of Mouth dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pesatnya pertumbuhan informasi serta teknologi tentunya mempengaruhi cara masyarakat dalam menentukan keputusan pembelian seperti komunikasi pemasaran yaitu viral marketing. Selain itu electronic word of mouth dan turbo marketing menjadi faktor penentu terhadap perilaku keputusan pembelian konsumen. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah viral marketing, electronic word of mouth, dan turbo marketing berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelia (studi kasus pada konsumen Mixue Purwokerto). Peneliti memilih Mixue sebagai tempat penelitian karena merupakan salah satu perusahaan F&B dengan jumlah waralaba terbesar ke lima di dunia. Selain itu, franchise Mixue di Purwokerto juga memiliki gerai terbanyak dibandingkan dengan wilayah di barlingmascakeb. Banyaknya franchise yang serupa, perlu adanya kiat yang efektif untuk menghadapi persaingan ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh konsumen Mixue Purwokerto. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data primer diolah menggunakan SPSS 22 untuk menganalisis korelasi, regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel viral marketing, electronic word of mouth, dan turbo marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya bahwa promosi Mixue melalui media elektronik, ulasan dari konsumen lain melalui media sosial dan kecekatan pelayanan Mixue memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk Mixue. Hasil penelitian dikatahui bahwa viral marketing, electronic word of mouth dan turbo marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Electronic Word of Mouth, Turbo Marketing, Keputusan Pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sulma Nely Faizah sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:26
Last Modified: 27 Oct 2023 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22471

Actions (login required)

View Item View Item