ANALISIS PENGOLAHAN LIMBAH KAYU LAPIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KESEJAHTERAAN KELUARGA PEKERJA LONGCORE (LC) SETIA JAYA DESA KLAPAGADING, KECAMATAN WANGON, KABUPATEN BANYUMAS)

Cahya Amighina Puantami, Pradina (2023) ANALISIS PENGOLAHAN LIMBAH KAYU LAPIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KESEJAHTERAAN KELUARGA PEKERJA LONGCORE (LC) SETIA JAYA DESA KLAPAGADING, KECAMATAN WANGON, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cahya Amighina Puantami Pradina_ANALISIS PENGOLAHAN LIMBAH KAYU LAPIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Kesejahteraan Keluarga Pekerja Longcore (LC) Setia Jaya Desa Klapagading,Kecamatan Wangon, Ka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adanya perkembangan zaman dan era globalisasi berdampak pada meningkatnya kebutuhan masyarakat. Setiap orang mendambakan kehidupan yang sejahtera, maka segala kebutuhan baik sandang, pangan, dan papan dalam menjalani kehidupan sehari-hari perlu terpenuhi. Kesejahteraan sifatnya subjektif, maka ukuran kesejahteraan setiap individu atau keluarga berbeda satu dengan yang lain. Untuk mengurangi pengangguran dan menyerap angkatan kerja, usaha kecil dan menengah dijadikan pilihan yang tepat sebagai lapangan pekerjaan baru yang diharapkan dapat membantu masyarakat mencapai kesejahteraan keluarganya. Tujuan dan harapan tersebut sejalan dengan usaha pengolahan limbah kayu lapis LC Setia Jaya yang berada di Desa Klapagading, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengolahan limbah kayu lapis serta dampak usaha LC Setia Jaya Desa Klapagading bagi kesejahteraan keluarga pekerja. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah terkumpul, analisis dilakukan menggunakan teknik uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga pekerja LC Setia Jaya Desa Klapagading sudah mampu memenuhi tiga indikator kesejahteraan yang digunakan oleh IPM yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak. Serta sebagian besar keluarga pekerja tergolong ke dalam kategori tahapan Keluarga Sejahtera III Plus dengan presentase 57%. Hal tersebut menandakan bahwa keadaan keluarga pekerja LC Setia Jaya tidak termasuk ke dalam kategori garis kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, Limbah, Kayu Lapis
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Cahya Amighina Puantami Pradina sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:32
Last Modified: 27 Oct 2023 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22466

Actions (login required)

View Item View Item