ANALISIS STRATEGI DALAM PENANGANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH PADA BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERTO

Lailatusy, Syifa (2023) ANALISIS STRATEGI DALAM PENANGANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH PADA BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Lailatusy Syifa_Analisis Strategi Dalam Penanganan Pembiayaan Murabahah Bermasalah Pada BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan yang bermasalah sering diawali dengan munculnya berbagai indikasi dan gejala misalnya keterlambatan nasabah dalam mengangsur pembiayaan. Pembiayaan tidak dapat memprediksi bahwa pembiayaan selalu berjalan dengan baik, karena banyak faktor penyebabnya. Sehingga diperlukan strategi penanganan terhadap pembiayaan yang bermasalah tersebut demi keberlangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab pembiayaan yang bermasalah dan bagaimana strategi penanganannya oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini dilakukan di BPRS Bina Amanah Satria pada bulan Maret-Agustus tahun 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Cabang BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto, Remidial, dan nasabah pembiayaan bermasalah. Sedangkan, objek dalam penelitian ini adalah Akad Murabahah pada pembiayaan bermasalah di BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekuder yang merupakan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan terdapat tiga macam triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab pembiayaan murabahah bermasalah di BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto berasal dari faktor internal yakni kesalahan dalam menganalisa karakter nasabah dan faktor eksternal yakni keadaan perekonomian nasabah yang berjalan kurang baik, over finance dan kurangnya kemampuan nasabah dalam mengelola usaha. Strategi penanganan yang dilakukan pihak BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto yaitu mengeluarkan surat pemberitahuan kewajiban pembayaran, surat peringatan (SP 1, SP 2, SP 3), pemanggilan nasabah, dan pendekatan secara kekeluargaan. Kemudian untuk penyelamatan pembiayaan bermasalah menggunakan restrukturisasi meliputi: rescheduling, reconditioning, restructuring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Bermasalah.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Lailatusy Syifa sdri
Date Deposited: 28 Oct 2023 01:58
Last Modified: 28 Oct 2023 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item View Item