PEMAHAMAN AGAMA SUAMI ISTRI TERHADAP TERCIPTANYA KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS KELUARGA MUSLIM DI DESA RAWA PANJANG KECAMATAN BOJONGGEDE KABUPATEN BOGOR)

Bagus, Rezkiya Nur (2023) PEMAHAMAN AGAMA SUAMI ISTRI TERHADAP TERCIPTANYA KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS KELUARGA MUSLIM DI DESA RAWA PANJANG KECAMATAN BOJONGGEDE KABUPATEN BOGOR). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
BAGUS REZKIYA NUR_ PEMAHAMAN AGAMA SUAMI ISTRI TERHADAP TERCIPTANYA KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS KELUARGA MUSLIM DI DESA RAWA PANJANG KECAMATAN BOJONGGEDE KABUPATEN BOGOR).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keluarga sakinah adalah konsep penting dalam Islam yang menekankan pada kerukunan, kedamaian, dan kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga. Pemahaman agama suami-istri dalam konteks ini memiliki peran yang sangat penting. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis praktek dan pemahaman agama suami-istri terhadap terciptanya keluarga sakinah berdasarkan perspektif hukum Islam di Desa Rawa Panjang Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor dengan menggunakan pendekatan normatif sosiologis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Responden yang diambil adalah pasangan suami-istri yang telah menikah minimal 5 tahun dan memiliki pengalaman dalam menjalani kehidupan berumah tangga yang harmonis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan normatif sosiologis, yang melibatkan pemahaman agama dan teks- teks keagamaan yaitu Al-Qur'an, dan al-hadits, serta konsep ajaran Islam tentang keluarga sakinah sebagai kerangka analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman agama suami-istri memainkan peran yang signifikan dalam membentuk keluarga sakinah. Pemahaman dan pengamalan agama tentang nilai-nilai Islam seperti kasih sayang, saling menghormati, saling menghargai, keterbukaan, kejujuran, tanggung jawab, ketaqwaan, kesabaran, menjadi dasar untuk menciptakan hubungan yang sehat dalam rumah tangga. Selain itu, pemahaman suami istri yang mendalam tentang prinsip-prinsip Islam dalam mewujudkan keluarga sakinah seperti yang tercermin dalam menetapkan niat menikah karena Allah, memilih pasangan karena faktor agama, menjadikan pernikahan sebagai sarana ibadah dan menetapkan tujuan menikah untuk mendapatkan keturunan yang sholih sholihah, dan juga menghindarkan perbuatan maksiat, serta menjadikan agama sebagai dasar pembinaan keluarga sangat berperan dalam terciptanya keluarga sakinah pada keluarga Muslim di Desa Rawa Panjang kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Agama, Keluarga Muslim, Bogor.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.36 Hak dan Kewajiban Suami-Istri (Nafaqoh)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: BAGUS REZKIYA NUR sdr
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:09
Last Modified: 27 Oct 2023 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22462

Actions (login required)

View Item View Item