UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI RA NURUL ULUM RAGATUNJUNG BUMIAYU

Ifti Takhul, Umami (2023) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI RA NURUL ULUM RAGATUNJUNG BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Ifti Takhul Umami_1917406064 19 oktober 2023 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Memberikan pendidikan anak usia dini adalah tugas semua guru di sekolah, dan sangat penting dalam pengembangan pemahaman bahasa pada anak usia dini. Karena pentingnya mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini yang bertujuan untuk mempersiapkan anak ke jenjang selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa dengan menggunakan metode bercerita di RA Nurul Ulum Ragatunjung Bumiayu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Objek penelitiannya adalah Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini dengan metode bercerita di RA Nurul Ulum Ragatunjung Bumiayu. Sedangkan subjek penelitiannya guru dan guru. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian , untuk teknis analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai hasil akhir. Upaya yang dilakukan guru RA Nurul Ulum dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini dengan menggunakan metode bercerita antara lain memilih Buku Cerita Bagi Anak Usia Dini, melakukan diskusi dan tanya jawab, memberi evaluasi dan penarikan kesimpulan, memberikan semangat pada anak. Membangkitkan mood belajar mengenal bacaan pada anak usia dini. Membangun konsentrasi anak untuk mendengarkan cerita, membiasakan melafalkan huruf pada saat bercerita. Hasil penelitian yang diuraikan bahwa penggunaan metode bercerita di RA Nurul Ulum mampu mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Kemampuan bahasa yang di kuasai siswa RA Nurul Ulum antara lain anak bisa mampu mendengarkan atau menyimak , anak juga dapat berbicara dengan bahasa yang baik. Jadi metode bercerita merupakan cara yang efektif dan pengaruh positif terhadap perkembangan pemahaman bahasa di RA Nurul Ulum yang meningkat secara signifikan. Kata Kunci : guru, anak usia dini, bahasa anak usia dini, bercerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: guru, anak usia dini, bahasa anak usia dini, bercerita.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ifti Takhul Umami sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:17
Last Modified: 27 Oct 2023 02:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item View Item