PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, NILAI TAKSIRAN DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK GADAI EMAS DI PEGADAIAN UPC CILONGOK

Zen Firman Ery, Cahyo (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, NILAI TAKSIRAN DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK GADAI EMAS DI PEGADAIAN UPC CILONGOK. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zen Firman Ery Cahyo_Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Taksiran Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Gadai Emas Di Pegadaian UPC Cilongok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ekonomi merupakan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan serta keinginan hidupnya. Kebutuhan yang mendesak harus segera dipenuhi, tetapi memenuhi kebutuhan tersebut terkait dengan masalah biaya atau dana. Disaat hal mendesak itulah masyarakat mengatasinya kepada produk penyaluran kredit dengan sistem gadai. Pegadaian merupakan suatu lembaga keuangan bukan bank yang memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan ciri khusus, yaitu secara hukum gadai. Sesuai hukum gadai bahwa calon peminjam mempunyai kewajiban untuk menyerahkan barang berupa emas miliknya sebagai agunan kepada perusahaan pegadaiaan untuk mendapatkan biaya atau dana atas jaminan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan analisis kuantitatif. Data primer diperoleh melalui kuesioner (angket) dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala likert. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan 3 variabel independen dan 1 variabel dependen. Namum sebelum melakukan analisis regresi linear berganda maka terlebih dahulu melakukan uji instrumen data dan uji asumsi klasik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, nilai taksiran dan bauran promosi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas di Pegadaian UPC Cilongok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan nasabah, dengan nilai signifikan sebesar 0,006 ≤ 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,800 > t tabel 1,984; 2) nilai taksiran secara parsial berpengaruh terhadap keputusan nasabah, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan nilai t hitung sebesar 5,248 > t tabel 1,984; 3) bauran promosi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah, dengan nilai signifikan sebesar 0,406 > 0,05 dan nilai t hitung sebesar 0,406 < t tabel 1,984. Kemudian secara simultan, variabel kualitas pelayanan, nilai taksiran dan bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan nasabah, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan nilai F hitung sebesar 28,394 ≥ F tabel 2,70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Nilai Taksiran, Bauran Promosi, Keputusan Nasabah, Gadai Emas
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang (termasuk Valuta, Kebijakan Moneter, Inflasi dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Zen Firman Ery Cahyo sdr
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:38
Last Modified: 26 Oct 2023 08:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22456

Actions (login required)

View Item View Item