Implementasi Metode Reka Cerita Gambar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunarungu di SLB B Yakut Purwokerto

Ari, Nurul Khaeni (2023) Implementasi Metode Reka Cerita Gambar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunarungu di SLB B Yakut Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ari Nurul Khaeni_Implementasi Metode Reka Cerita Gambar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunarungu di SLB B Yakut Purwokerto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam bukan hanya sebagai sarana transformasi pengetahuan dalam aspek keagamaan saja, tetapi bisa juga sebagai sarana dalam menanamkan nilai moral. Dalam pendidikan agama Islam juga terdapat proses pembelajaran yang aktif dan efektif, yang dapat diterapkan di sekolah. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu dan untuk memperbaiki agar proses pembelajaran selanjutnya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB B Yakut Purwokerto sebelum dimulainya pembelajaran, guru harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media pembelajaran, dan metode pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan di SLB B Yakut Purwokerto yaitu dengan menggunakan metode reka cerita gambar. Dengan menggunakan metode ini, anak tunarungu lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Anak tunarungu lebih menyukai menggunakan metode reka cerita gambar, karena mereka lebih tertarik terhadap gambar. Dalam menyampaikan materi, guru menggunakan bahasa bibir dan bahasa isyarat, agar mempermudah komunikasi dengan anak tunarungu. Dari hasil penelitian ini dikemukakan bahwa proses pembelajaran masih kurang optimal dikarenakan masih terbatasnya guru yang bukan lulusan dari pendidikan luar biasa. Dengan demikian dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode reka cerita gambar pada anak tunarungu harus memerlukan beberapa komponen agar dapat berjalan dengan baik. Dua komponen tersebut yaitu guru dan siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode Reka Cerita Gambar, dan Anak Tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Nurul Khaeni sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:43
Last Modified: 27 Oct 2023 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22454

Actions (login required)

View Item View Item