PENGARUH FAKTOR RASIONAL EMOSIONAL MOTIVASI DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT PEDAGANG PASAR PADA PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi Empiris Pasar Wage Purwokerto)

Efi Meilina, 1917202081 (2023) PENGARUH FAKTOR RASIONAL EMOSIONAL MOTIVASI DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT PEDAGANG PASAR PADA PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi Empiris Pasar Wage Purwokerto). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EFI MEILINA_ PENGARUH FAKTOR RASIONAL EMOSIONAL MOTIVASI DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT PEDAGANG PASAR PADA PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank syariah memiliki peranan yang sangat penting untuk membangun pemahaman mengenai kemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah karena bank syariah pengelolaaannya sesuai aturan syariah dan terhindar dari riba. Dengan adanya akses yang mudah untuk dijangkau dengan layanan yang tidak kalah efisien dari lembaga keuangan lainnya seharusnya mampu menjadi minat untuk para pedagang menggunakan bank syariah dengan cara transaksi yang halal dan berkah. Permasalahannya disini minat pada penggunaan jasa perbankan syariah masih relatif sedikit. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel rasional, emosional, motivasi dan literasi keuangan syariah secara parsial dan simultan terhadap minat pedagang pasar pada penggunaan jasa perbankan syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pemngumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada 100 responden yang diambil berdasarkan sampel dari seluruh populasi pedagang yang ada di Pasar Wage Purwokerto dengan menggunakan teknik Probability Sampling, dengan metode pengambilan sampel yang dilakukan secara acak (simple random sampling). . Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor rasional berpengaruh negarif dan signifikan terhadap minat pada penggunaan jasa perbankan syariah (2) faktor emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pada penggunaan jasa perbankan syariah (3) faktor motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pada penggunaan jasa perbankan syariah (4) literasi keuangan syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pada penggunaan jasa perbankan syariah. Sedangkan secara simultan variabel faktor rasional, faktor emosional, faktor motivasi dan literasi keuangan syariah berpengaruh signifikan terhadap minat pedagang pasar pada penggunaan jasa perbankan syariah Kata Kunci: Faktor Rasional, Emosional, Motivasi, Literasi Keuangan Syariah, Minat Pada Penggunaan Jasa Perbankan Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Rasional, Emosional, Motivasi, Literasi Keuangan Syariah, Minat Pada Penggunaan Jasa Perbankan Syariah
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Efi Meilina sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:48
Last Modified: 26 Oct 2023 07:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22441

Actions (login required)

View Item View Item