Vika, Rahmatika Hidayah (2023) SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DINASTY ABBASIYAH PADA MASA KHALIFAH ABU JA'FAR AL-MANSHUR (754-775 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Vika Rahmatika Hidayah -SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DINASTI ABBASIYAH PADA MASA KHALIFAH ABU JA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Baghdad sebagai pusat budaya dan pengetahuan menjadi sorotan. Al-Manshur adalah khalifah yang memimpin kebangkitan ilmu pengetahuan. Sebagai pemimpin inovatif dan berpengaruh yang berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai: sejarah perkembangan sistem pendidikan Islam pada masa kepemimpinan al-Manshur, dan kebijakan dan dampak kebijakan dalam bidang pendidikan Islam selama periode pemerintahan al-Manshur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan usaha yang dilakukan oleh al-Manshur dalam mengembangkan ilmu pengetahuan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah. Penulisan skripsi ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan sejarah, dengan bahan tertulis dalam bentuk buku maupun jurnal dari sumber-sumber yang berkaitan dengan masalah skripsi. Adapun langkah-langkah yang digunakan meliputi pengumpulan data, kritik sumber, interpreatsi, historiografi (penulisan sejarah). Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sistem pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pada masa khalifah Abu Ja’far al-Manshur adanya usaha-usaha yang dilakukan dapat memajukan peradaban Dinasti Abbasiyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Abu Ja’far al-Manshur, Abbasiyah |
Subjects: | 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.4 Daulah Abbasiyah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam |
Depositing User: | Vika Rahmatika Hidayah |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 07:34 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 07:34 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22432 |
Actions (login required)
View Item |