BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS BAGI ANAK TUNAGRAHITA MELALUI TERAPI BERMAIN KELOMPOK DI SLB C-C1 YAKUT PURWOKERTO

Shofyan, Tsauri (2023) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS BAGI ANAK TUNAGRAHITA MELALUI TERAPI BERMAIN KELOMPOK DI SLB C-C1 YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF.K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Shofyan Tsauri_Bimbingan Kelompok Anak Tunagrahita-2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Layanan Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Luar Biasa difungsikan sebagai fasilitator perkembangan diri berdasarkan dengan optimalisasi kemampuan masing-masing anak (potensi), aktualisasi pribadi, dan berupaya untuk menangani keterlambatan perkembangan anak tunagrahita ini mempunyai peran yang signifikan. Layanan BK dalam praktiknya dapat diwujudkan dalam bentuk permainan terapis yang bersifat motorik, pelatihan secara konsisten, dan pendampingan psikomotorik. Praktek tersebut termasuk layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pengembangan motorik halus melalui kegiatan terapi bermain kelompok yang diaplikasikan di SLB C-C1 YAKUT Purwokerto. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa di SLB C-C1 Yakut Purwokerto proses bimbingan kelompok melalui terapi bermain terdapat tiga tahapan. Pertama, tahap perencanaan, terdiri atas observasi awal dan assesmen untuk menilai tingkat perkembangan motorik halus anak tunagrahita. Kedua, tahap pelaksanaan, terdiri atas pembentukan kelompok, pembukaan sesi terapi bermain oleh guru yang bertugas sebagai pemimpin kelompok. Ketiga, tahap tindak lanjut, pada proses ini melibatkan peran serta orangtua dan keluarga anak dalam proses pengembangan motorik halus. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Motorik Halus, Terapi Bermain, Tunagrahita. GROUP GUIDANCE FOR THE DEVELOPMENT OF FINE MOTORCY FOR GRADUATE CHILDREN THROUGH GROUP PLAY THERAPY AT SLB C-C1 YAKUT PURWOKERTO Shofyan Tsauri NIM. 1817101039 E-mail: [email protected] Study Program Islamic Guidance and Counseling State Islamic University Professor Kyai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRACT Guidance and Counseling Services at Special Schools function as facilitators of personal development based on optimizing each child's abilities (potential), personal actualization, and trying to deal with delays in the development of mentally retarded children. This has a significant role. In practice, guidance and counseling services can be realized in the form of motor therapy games, consistent training and psychomotor assistance. The practice includes group tutoring services. The aim of this research is to find out how fine motor development methods through group play therapy activities are applied at SLB C-C1 YAKUT Purwokerto. This research uses a qualitative type and approach with data collection methods through observation, interviews and documentation. The research results show that at SLB C-C1 Yakut Purwokerto the process of group guidance through play therapy has three stages. First, the planning stage, consisting of initial observations and assessments to assess the level of fine motor development of children with intellectual disabilities. Second, the implementation stage, consisting of forming groups, opening play therapy sessions by the teacher who serves as group leader. Third, the follow-up stage, this process involves the participation of the child's parents and family in the fine motor development process. Keywords: Group Tutoring, Fine Motor, Play Therapy, Mentally Impaired.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Motorik Halus, Terapi Bermain, Tunagrahita. Group Tutoring, Fine Motor, Play Therapy, Mentally Impaired.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.1 Personal Improvement and Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Shofyan Tsauri sdr
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:22
Last Modified: 26 Oct 2023 08:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22428

Actions (login required)

View Item View Item