MANAJEMEN PROGRAM REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI RA PERWANIDA PUNGGELAN BANJARNEGARA

Rifki, Nur Imansyah (2023) MANAJEMEN PROGRAM REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI RA PERWANIDA PUNGGELAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RIFKI NUR IMANSYAH_MANAJEMEN PROGRAM REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI RA PERWANIDA PUNGGELAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program rekrutmen peserta didik baru di RA Perwanida Punggelan dan untuk mengetahui lebih lanjut. Metode yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap perencanaan dilakukan dengan koordinasi dan rapat internal untuk pembentukan panitia serta pembuatan pamflet dan brosur pengumuman. Sedangkan untuk tahap pengorganisasiannya yaitu melakukan pembagian tugas dan wewenang kepada seluruh panitia yang terlibat aktif dalam rekrutmen, dan ditindaklanjuti dengan rapat penyusunan strategi pemasaran dan pengelolaan informasi. Kemudian, tahap pelaksanaan dimulai dengan melakukan sosialisasi mengenai rekrutmen peserta didik baru dan mulai melaksanakan mekanisme pendaftaran. Pada tahap akhir yang berupa evaluasi dilakukan dengan meninjau ulang target peserta didik baru yang diterima serta cara sosialisasi yang paling efektif dengan menitipkan pesan kepada orang tua yang anaknya akan lulus untuk menyampaikan informasi kepada tetangga atau kerabatnya. Berdasarkan uraian tersebut bahwa program rekrutmen peserta didik baru di RA Perwanida Punggelan sudah dilaksanakan dengan memenuhi 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program, Rekrutmen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rifki Nur Imansyah sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:04
Last Modified: 26 Oct 2023 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22424

Actions (login required)

View Item View Item