STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO

Wildan, ramadan (2023) STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ramadan Muhammad Wildan_Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka dilaksanaakan oleh seluruh jenjang pendidikan di Indonesia secara bertahap, tahapan proses pelaksanaan ini akan mempermudah pemerintah untuk mengevalusi kelebihan dan kekurangan dari kurikulum merdeka yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan acuan untuk menyempurnakan program kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deksriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data yang dibutuhkan dalam penelitian menggunkan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 subjek yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Muhammadiya 3 Purwokerto. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perubahan sikap dan peningkatan kemandirian siswa-siswi SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto yang terbentuk setelah adanya penerapan strategi menggunakan kurikulum merdeka belajar. dapat dilihat langsung dari penerapan kurikulum merdeka belajar ini mempunyai dampak positif terhadap kemandirian siswa-siswi yang memiliki peningkatan prestasi dibidang akademik, pengembangan karakter yang membuat siswa-siswi berfikir kritis, memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan siswa-siswi SMP Muhammadiyah 3 Puurwokerto yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Mutu Pendidikan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ramadan Muhammad Wildan sdr
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:53
Last Modified: 26 Oct 2023 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22422

Actions (login required)

View Item View Item