PEMENUHAN HAK ANAK PADA KELUARGA JAMA'AH TABLIGH PERSPEKTIF KONVENSI HAK ANAK (STUDI DI KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA)

Rizal, Arif Gunawan (2023) PEMENUHAN HAK ANAK PADA KELUARGA JAMA'AH TABLIGH PERSPEKTIF KONVENSI HAK ANAK (STUDI DI KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizal Arif Gunawan_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada orang tua yang senantiasa harus dijaga, dibina dengan baik dan penuh kasih sayang, karena anak juga memiliki harkat, martabat dan hak yang harus di junjung tinggi dan dilindungi. Adapun yang bertanggung jawab dalam pemenuhan hak-hak anak adalah negara, masyarakat, dan tentunya yang paling utama yaitu orang tua. Hak-hak anak yang harus dilindungi yaitu kesejahteraan, kesehatan, pendidikan yang layak dan perlindungan dari marabahaya. Hal ini sesuai prinsip umum Konvensi Hak Anak yang mana menyatakan prinsip umum perlindungan anak yaitu nondiskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan penghargaan terhadap partisipasi anak. Penelitian ini dilakukan pada anggota Jama’ah Tabligh di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Metode yang digunakan dalm penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan pada penelitian ini menggunakan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari subjek penelitian yaitu kepala keluarga anggota Jama’ah Tabligh di Kecamatan Purwanegara yang rutin mengikuti kegiatan khuru>j, sedangkan sumber sekunder diperoleh dari buku, undang-undang, artikel, karya ilmiah, serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik yang digunakan dalam pegumpulan data diperoleh dari wawancara, obeservasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan serta analisis yang telah dilakukan peneliti, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam melaksanakan kewajiban sebagai orang tua dalam memenuhi hak-hak anak, anggota Jama’ah Tabligh di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara yang rutin mengikuti kegiatan khuru>j mereka menjalankan pemenuhan hak anak yaitu hak nafkah anak, hak pendidikan, hak kesehatan serta hak perlindungan. Dianalisis dari prinsip dan tujuan Konvensi Hak Anak yaitu Prinsip non-diskriminasi, prinsip kepentingan terbaik untuk anak, prinsip hak hidup dan kelangsungan hidup serta prinsip penghargaan atas partisipasi anak. Pemenuhan hak anak yang sudah dilakukan Jama’ah Tabligh di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara yang rutin mengikuti kegiatan khuru>j sesuai dengan prinsip dan tujuan Konvensi Hak Anak yang tersirat dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hak Anak, Jama’ah Tabligh, Konvensi Hak Anak
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Rizal Arif Gunawan
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:49
Last Modified: 26 Oct 2023 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22417

Actions (login required)

View Item View Item