MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ‘ULUUM BALONG KARANGSALAM KIDUL KEDUNGBANTENG BANYUMA

Nanang, Syukron Makmun (2023) MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ‘ULUUM BALONG KARANGSALAM KIDUL KEDUNGBANTENG BANYUMA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NANANG SYUKRON MAKMUN_MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ‘ULUUM BALONG KARANGSALAM KIDUL KEDUNGBANTENG BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pengaplikasian kurikulum dikembangkan di sebuah instansi kelembagaan pendidikan untuk menyesuaikan keadaan dan kebutuhan lingkungan,karena hal tersebut berkaitan satu sama lain didalamnya dan menjadi acuan semua pihak yang berperan dalam melaksanakan kurikulum yang berlaku dalam sebuah Instansi, Proses kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta evaluasi, dalam pembangunan kurikulum yang baik tentu membutuhkan kajian dan pemikiran yang mendalam. Evaluasi sebagai proses akhir dari dari sebuah kurikulum di gunakan sebagai tolak ukur pencapaian kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Roudlotul 'Uluum Balong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Pengasuh Pondok Pesantren, Dewan Asatidz Pondok Pesantren dan Pengurus Pondok Pesantren. Analisis data yang digunakan melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan Verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Roudlotul 'Uluum Balong Karangsalam Kidul Kedungbanteng Banyumas, Dari Perencanaan Kurikulum telah sesuai dengan pedoman perumusan sebuah tujuan dalam pendidikan yang dalam segi Komponen telah memenuhi standar dari penyusunan perencaann kurikulum meliputi : Tujuan dari pendidikan pesantren, pengisian program akademik atau bahan ajar/isimateri, kaidah intervensi pengajaran atau media (sarana prasarana), sifat pengajaran dan ciri-ciri santri atau strategi kaidah amalan, proses belajar mengajar dan evaluasi. Dalam Pengorganisasian Kurikulum, sudah baik karena telah memenuhi prinsip dari pengorganisaian itu sendiri seperti pembagian tugas kepada jabatan yang lebih kecil, berkongsi sumber pemebelajaran, memberikan tugas kepada orang yang mempunyai ilmu dan menyelaraskan mereka supaya matlamat organisasi dapat di capai dengan berkesan. Pelaksanaan Kurikulum sudah di terpenuhi karena sudah memenuhi fungsi pelaksanaan. Pemimpin/pengasuh pondok selalu memberikan motivasi kepada dewan asatidz san para santri untuk melaksanakan kurikulum yang telah di rencanakan agar tujuan yang telah di inginkan bisa tercapai. Evaluasi sudah baik karena di lakukan satu bulan satu kali bersama dewan asatidz untuk kegiatan yang bersifat harian, mingguan dan bulanan, untuk yang bersifat dan tahunan melakukan evaluasi satu tahun satu kali. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pondok Pesantren
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nanang Yukron Makmun sdr
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:19
Last Modified: 26 Oct 2023 08:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22413

Actions (login required)

View Item View Item