Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Moderasi Beragama pada Tayangan Religi (Podcast Login) di Kanal Youtube Deddy Corbuzier

Amellia Putri, Dianies (2023) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Moderasi Beragama pada Tayangan Religi (Podcast Login) di Kanal Youtube Deddy Corbuzier. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Amellia Putri Dianies_Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Moderasi Beragama pada Tayangan religi (Podcast Login) di Kanal Youtube Deddy Corbuzier.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam konteks agama, konflik dan disintegrasi bangsa sering menjadi ancaman bagi Indonesia, hal ini diakibatkan oleh perselisihan dalam masyarakat karena kurangnya kesadaran akan pentingnya sikap dan tindakan toleransi terhadap perbedaan ajaran, budaya atau kebiasaan dan kepercayaan agama masing-masing. Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman akan toleransi umat beragama, Deddy Corbuzier melalui kanal youtube nya membuat konten tayangan religi (podcast login) yang membahas tentang nilai-nilai pendidikan moderasi beragama. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang nilai-nilai pendidikan moderasi beragama yang terkandung di dalam Tayangan Religi (Podcast Login) di Kanal Youtube Deddy Corbuzier. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan moderasi beragama dalam tayangan religi (podcast login) di kanal youtube Deddy Corbuzier? 2) Bagaimana implementasi pendidikan moderasi beragama dalam perspektif tokoh agama dalam tayangan religi (podcast login) di kanal youtube Deddy Corbuzier? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian netnografi. Pengumpulan datanya menggunakan internet untuk mengumpulkan data dengan menggunakan metode yang sama. Sedangkan analisis data dilakukan dengan metode analisis isi (content analysis) yang dilakukan secara langsung kepada sumber primer. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan moderasi beragama yang terkandung pada tayangan login di kanal youtube Deddy Corbuzier secara garis besar terdapa 5 nilai, yaitu keadilan (al-adl), kebaikan (al-khairiyah), hikmah (al-hikmah), konsisten (al-istiqomah), dan keseimbangan (at-tawazun). Kata Kunci : Pendidikan, Moderasi Beragama, Siniar Login.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Moderasi Beragama, Siniar Login
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AMELLIA PUTRI DIANIES sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:33
Last Modified: 27 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22407

Actions (login required)

View Item View Item