PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA

LAELI, DIANI SAFITRI (2023) PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAELI DIANI SAFITRI_PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA.pdf

Download (56MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka Belajar, termasuk faktor pendukung dan penghambat, serta analisis persamaan dan perbedaan yang terdapat pada SMP Negeri di Kecamatan Purwareja Klampok Banjarnegara. Metode penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi 3 bagian, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan dimulai dari proses perencanaan yaitu meliputi dokumen pendukung, menyiapkan dan menganalisis dokumen CP, menyusun TP, ATP, perangkat ajar (modul ajar), memahami prinsip asesmen, integrasi (projek profil pelajar Pancasila (P5), Profil Pelajar Pancasila (P3) dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti) dan pembagian alokasi waktu. Proses pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran. Proses evaluasi sesuai dengan prinsip asesmen. Terdapat faktor pendukung dan penghambat yang berbeda-beda setiap satuan pendidikan, faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari pemerintah, satuan pendidikan, dan sarana penunjang. Terdapat faktor penghambat yaitu pelaksanaan pembelajaran kurang optimal sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen. Terdapat persamaan dan perbedaan dalam pelaksanaannya baik dalam perencanaan, format (TP, ATP, MA), alokasi waktu, melaksanakan prinsip pembelajaran, metode pembelajaran, dan pelaksanaan asesmen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laeli Diani Safitri sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:57
Last Modified: 26 Oct 2023 07:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22398

Actions (login required)

View Item View Item