Nabila, Fikriya Hidayah (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XII DI MA WI KEBARONGAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Nabila Fikriya Hidayah_Implementasi Strategi Active Learning pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XII di MA WI Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Strategi active learning ialah rancangan yang bersifat jangka panjang dengan tujuan memberdayakan siswa supaya belajar aktif dengan menggunakan beragam cara. Strategi active learning ini bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan yang ada pada diri siswa sehingga seluruh siswa dapat memperoleh hasil belajar secara maksimal selaras dengan karakteristik yang mereka miliki. Terjadinya masalah dalam proses pembelajaran mata pelajaran Fikih menjadikan ketertarikan peneliti untuk melaksanakan penelitian tentang penerapan strategi active learning pada mata pelajaran Fikih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi strategi active learning pada mata pelajaran fikih kelas XII di MA WI Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MA WI Kebarongan, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini meliputi, guru fikih kelas XII, siswa kelas XII dan Kepala Madrasah. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan data dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Strategi Active Learning pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XII di MA WI Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas telah terlaksana dengan baik dan berhasil sesuai dengan komponen-komponen yang ada dalam pembelajaran. Penerapan Strategi Active Learning pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XII di MA WI Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas yang digunakan oleh guru adalah Reconnecting, Information Search, Student Created Case Studies, Everyone is A Teacher Here, Active Knowledge Sharing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Active Learning, Fikih |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nabila Fikriya Hidayah sdri |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:43 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:43 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22393 |
Actions (login required)
View Item |