PERTEMPURAN PREVEZA: SEJARAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN DINASTI TURKI UTSMANI DI LAUT MEDITERANIA ( 1538 – 1570 M)

Muhammad, Faisal Ridho (2023) PERTEMPURAN PREVEZA: SEJARAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN DINASTI TURKI UTSMANI DI LAUT MEDITERANIA ( 1538 – 1570 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Muhammad Faisal Ridho_1917503034.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas sejarah Pertempuran Preveza yang dilakukan oleh Turki Utsmani melawan Aliansi Liga Suci Eropa dan membahas dampak pertempuran tersebut terhadap perkembangan Dinasti Turki Utsmani di Laut Mediterania. Secara keseluruhan, penelitian ini dipusatkan pada kajian pustaka (library research). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi, dan historiografi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kepemimpinan The Great Man yang dicetuskan oleh Thomas Carylie dan Herbert Spencer, adapun pendekatannya menggunakan pendekatan ilmu politik. Hasil penelitian ini menjelaskan, pertama, Pertempuran Preveza terjadi pada tanggal 28 September tahun 1538 M di Teluk Ambrakia, Kota Preveza, Yunani Barat Laut dan dilatar belakangi oleh perang Portugis-Utsmaniyah, ekspansi Turki Utsmani dan konflik politik Portugis-Utsmaniyah. Pertempuran tersebut dimenangkan oleh Pasukan Turki Utsmani dibawah pimpinan Khairuddin Barbarossa melawan Aliansi Liga Suci Eropa yang dipimpin oleh Andrea Doria. Kedua, dampak dari pertempuran ini terhadap Dinasti Turki Utsmani sangat signifikan. Kemenangan Barbarossa di Preveza membuat Dinasti Turki Utsmani mendominasi kawasan Laut Mediterania selama lebih dari tiga puluh tahun kedepan. Kata Kunci : Pertempuran, Preveza, Turki Utsmani, Laut Mediterania

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertempuran, Preveza, Turki Utsmani, Laut Mediterania
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.5 Daulah-daulah lain
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Faisal Ridho sdr
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:06
Last Modified: 27 Oct 2023 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22388

Actions (login required)

View Item View Item