PERAN KEPALA DESA SEBAGAI PENYELESAI PERSELISIHAN MASYARAKAT DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Rembul Bojong Tegal)

M Khusnil, Ibad (2023) PERAN KEPALA DESA SEBAGAI PENYELESAI PERSELISIHAN MASYARAKAT DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Rembul Bojong Tegal). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
M Khusnil Ibad_Peran Kepala Desa Sebagai Penyelesai Perselisihan Masyarakat Desa Perspektif Fiqh Siyasah (Studi di Desa Rembul Bojong Tegal).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sengketa adalah suatu hal yang tidak bisa terhindar dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya di pedesaan. Di desa Rembul, terdapat sengketa yang sering terjadi dari tahun 2016-2023, yang berkaitan dengan hukum publik dan privat. Contoh sengketa ini termasuk perselisihan rumah tangga, sengketa tanah, sengketa harta waris, dan perselisihan komunitas. Dalam kasus ini, peneliti membatasi sengketa. Sengketa yang dimaksud adalah sengketa yang sering terjadi di desa Rembul Penelitian ini menyangkut tentang peran kepala desa dalam penyelesaian sengketa masyarakat Desa Rembul Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, aspek penelitian ini merujuk pada Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomer 14 Tahun 2016 Tentang Kepala Desa, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa serta dengan sudut pandang Fiqh Siyasah. Penelitian ini meggunakan field research yakni penelitian lapangan, dengan pendekatan penelitian yuridis-sosiologis. Untuk metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, peneliti mendapatkan beberapa kesimpulan, pertama dalam menyelesaikan perselisihan masyarakat Desa Rembul mendapatkan respon positif dari masyarakat desa dan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam hal ini Perda Kabupaten Tegal Nomor 14 Tahun 2016 hal ini berdasarkan pendapat dari masyarakat desa. Kedua, dalam melaksanakan penyelesaian perselisihan masyarakat desa, kepala desa mendamaikan dengan persuasif menggunakan metode musyawarah yang sejalan dengan fiqh siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Desa, Penyelesai Perselisihan, Fiqh Siyasah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.3 Specific Jurisdiction (Undang-undang dan Peraturan)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: M Khusnil Ibad sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:10
Last Modified: 26 Oct 2023 08:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22387

Actions (login required)

View Item View Item