ANALISIS PERBANDINGAN KEBERHASILAN UMKM DI PURBALINGGA SEBELUM DAN SETELAH MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS)

Sekar, Adetia (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KEBERHASILAN UMKM DI PURBALINGGA SEBELUM DAN SETELAH MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sekar Nurlaeli Adetia_Analisis Perbandingan Keberhasilan UMKM di Purbalingga Sebelum dan Setelah Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia sekarang sudah berkembang dengan begitu pesat yang ditandai dengan kemajuan teknologi. Hal tersebut berdampak pula pada sektor ekonomi, yaitu UMKM. Para pelaku UMKM diharuskan untuk dapat memanfatkan teknologi yang ada pada saat ini agar dapat mencapai keberhasilan usaha. QRIS merupakan salah satu sistem pembayaran uang elektronik yang resmi diperkenalkan dan dikembangkan oleh Bank Indonesia beserta ASPI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan keberhasilan UMKM di Purbalingga sebelum dan setelah menggunakan QRIS. Dengan indikator keberhasilan usaha menurut Suryana (2009) yaitu modal, pendapatan, volume penjualan, output produksi, dan tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengukur perbedaan keberhasilan UMKM di Purbalingga sebelum dan setelah menggunakan QRIS dengan membandingkan indikator keberhasilan usaha. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada 100 responden. Kemudian data dianalisis dengan uji normalitas, uji statistik deskriptif, dan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Wilcoxon pada indikator keberhasilan usaha yaitu modal, pendapatan, volume penjualan, output produksi, dan tenaga kerja didapat nilai -p sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan pada modal, pendapatan, volume penjualan, output produksi, dan tenaga kerja sebelum dan setelah menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Dengan kesimpulan, UMKM akan lebih mendapatkan keberhasilan usaha setelah menggunakan QRIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: QRIS, UMKM, Keberhasilan Usaha
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sekar Nurlaeli Adetia
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:47
Last Modified: 26 Oct 2023 06:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22379

Actions (login required)

View Item View Item