Strategi Pembelajaran Berhitung Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Pertiwi 01 Petuguran, Kec. Punggelan, kab. banjarnegara

Elil Santi, Febriana (2023) Strategi Pembelajaran Berhitung Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Pertiwi 01 Petuguran, Kec. Punggelan, kab. banjarnegara. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELI SANTI FEBRIANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pendidikan anak usia dini masih memerlukan perhatian lebih, terutama pada strategi pembelajaran. Anak usia dini dalam pertumbuhannya membutuhkan beberapa hal yang perlu diajarkan, termasuk berhitung. Pembelajaran berhitung itu sendiri menjadi kebutuhan yang penting bagi setiap individu, terlebih bagi anak usia dini menjadi hal yang penting untuk kesiapan belajar anak di jenjang yang lebih tinggi lagi. Banyak jenis strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran berhitung bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi pembelajaran berhitung yang digunakan oleh guru dalam mengenalkan, mengurutkan, dan menjumlahkan angka pada anak usia dini kelompok B di TK Pertiwi 01 Petuguran, Kec. Punggelan, Kab. Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya yaitu wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelompok B di TK Pertiwi 01 Petuguran, Kec. Punggelan, Kab. Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran memiliki pengaruh yang besar terhadap pemahaman anak mengenai berhitung. Ada 3 (tiga) strategi pembelajaran berhitung bagi peserta didik kelompok B di TK Pertiwi 01 Petuguran, Kec. Punggelan, Kab. Banjarnegara yaitu melalui permainan gelas angka, kursi angka, dan papan pompom. Penggunaan strategi pembelajaran melalui permainan gelas angka dapat mengenalkan angka. Pada penggunaan strategi pembelajaran melalui permainan kursi angka membuat anak mampu mengurutkan angka. Dan penggunaan strategi pembelajaran melalui papan pompom memberikan pemahaman terhadap anak perihal penjumlahan angka. Kemampuan peserta didik semakin meningkat yang ditandai dengan anak telah mengenal angka 1-10, mampu mengurutkan angka 1-10, dan anak mampu mengoperasikan penjumlahan angka. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Pembelajaran Berhitung, Strategi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Pembelajaran Berhitung, Strategi Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ELI SANTI FEBRIANA sdri
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:41
Last Modified: 26 Oct 2023 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item View Item